Sabtu, 26 Januari 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 01


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 01

Apa yang dimaksud dengan “Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan”? “Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan” termasuk salah satu dari “Delapan kondisi yang tidakmenguntungkan untuk menjalani kehidupan suci”.

Dalam mempelajari Ajaran Buddha ada 8 kesulitan, salah satunya adalah tidak memiliki kebijaksanaan. Kesulitan ini akan merintangimu, apabila anda tidak dapat menyingkirkannya, maka takkan berdaya mencapai kemajuan batin.

Manusia di dunia ini, sangat pintar, berlidah fasih (pandai bicara), tetapi pengetahuan dan pandangannya tidak benar, dia pandai bersilat lidah, guna menutupi kesalahannya, apa yang palsu bisa diputarbalikkan jadi benar, sebaliknya yang benar malah diputarbalikkan jadi salah, tidak tahu membedakan mana yang baik dan mana yang salah.

Orang-orang begini “mempelajari buku ajaran aliran luar”, dia juga belajar ajaran, bahkan juga sangat tekun adanya, namun terhadap Dharma non duniawi (Buddha Dharma), dia tidak sanggup meyakininya.

Sedangkan aliran luar mengejar kemajuan di luar batin, terbalik dengan Buddha Dharma. Buddha Dharma adalah mengalir dari dalam hati sejati, Buddha Dharma tidak mengejar kebenaran di luar batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 September 2013


世智辯聰
(一)

什麼叫世智辯聰?《佛學大辭典》上有這一條,「八難之一」。難是什麼?遭難了。學佛有八難,這是其中之一。這難是什麼?障礙你,你要不能夠突破你就沒有辦法提升。「世間之人,邪智聰利」,很聰明,有辯才,但是他的知見不正,他有很好的辯才,掩飾他的過失,把假的說成真的,真的說成假的,顛倒是非。

這些人「耽習外道經書」,他也學道,學得也還不錯,對佛法所說的出世間正法他不相信,他染的,外道叫心外求法,跟佛法相反,佛法是從真心裡頭流出來,佛法不求心外之法。

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第四五二集)  2013/9/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0452