Sabtu, 28 Maret 2020

Nama Dari Semua Buddha



Petikan Ceramah Master Chin Kung :
“Nama Dari Semua Buddha”
  
Amituofo berasal dari Bahasa Sanskrit, di dalam “Amitabha Sutra”, Buddha Sakyamuni menjelaskan pada kita makna dari nama Buddha Amitabha, yakni cahaya tanpa batas dan usia tanpa batas. “A” artinya tanpa, Mituo artinya batas, “Fo” artinya pencerahan.

Bagaimana yang disebut sebagai insan tercerahkan? Yakni memiliki kebijaksanaan tak terhingga, makanya disebut Cahaya Tanpa Batas; memiliki jasa kebajikan tak terhingga, makanya disebut Usia Tanpa Batas.

Dengan demikian kita dapat terpikir, Buddha mana yang tidak sempurna akan cahaya dan usia tanpa batas? Maka itu Amituofo merupakan nama dari semua Buddha, setiap praktisi yang mencapai KeBuddhaan, namaNya adalah Amituofo, dengan demikian, melafal Amituofo adalah melafal nama dari semua Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru.

Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Tahun 2012
Serial ke-471
Tanggal : 10 Oktober 2013



 
輕鬆學佛法《淨土篇》

淨空老法師 開示節錄 :
“阿彌陀佛名號是所有一切諸佛的通號”
  
阿彌陀佛全是梵語,世尊在《彌陀經》上給我們解釋,名號什麼意思,佛說了兩種,無量光、無量壽。阿翻作無,彌陀翻作量,佛這個字原本是覺悟,覺者。佛說得非常具體,覺悟的人是什麼樣子,第一個,智慧無量,所以叫無量光,功德無量,所以稱無量壽,具足圓滿的功德、圓滿的智慧,是這個意思。

就這個意思我們就能夠想到,哪一尊佛不是無量光、無量壽。於是阿彌陀佛這個名號就是所有一切諸佛的通號,只要成佛了,他就有阿彌陀這個名號,那麼念這一句名號,就把十方三世所有一切諸佛統統念到。而極樂世界這一尊佛就用這個做名號,要大家持這個名號,跟他就起感應道交的作用,他就來接引你。

文章恭錄—2012淨土大經科註第4712013/10/10