Rabu, 14 Agustus 2019

Empat Sila Berat 01


Empat Sila Berat 01
Tidak menjadi perampok negara

Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendirian. Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, hendaknya mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita tentang sila berat, “Brahmajala Sutra” menyebutkan :
1.    Tidak menjadi perampok negara
2.    Tidak menfitnah pimpinan negara

Tidak menjadi perampok negara, berarti tidak melakukan perbuatan yang merugikan negara. Negara merupakan organisasi besar, demikian pula di dalam organisasi, kita juga tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan organisasi.

Organisasi terkecil adalah keluarga, pada zaman dahulu satu keluarga dihuni banyak orang, umumnya dihuni sebanyak empat generasi yang terdiri dari beberapa puluh jiwa. Sedangkan keluarga yang lebih berjaya dapat dihuni hingga ratusan jiwa.

Seluruh anggota keluarga merupakan pekerja yang mengabdi pada keluarga besar tersebut, makanya tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan keluarga besar. Di dalam keluarga besar terdapat peraturan keluarga, tanpa disiplin ini, keluarga akan berantakan.

Zaman sekarang keluarga telah berubah menjadi keluarga yang sangat kecil, yang anggotanya cuma beberapa orang saja. Tetapi di dalam masyarakat terdapat keluarga besar, yakni perusahaan.

Perusahaan bertaraf internasional memiliki banyak cabang di berbagai belahan dunia, pegawai mereka mungkin mencapai beberapa puluh ribu orang. Ini juga merupakan keluarga besar.

Setiap pekerja tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan perusahaan, bila melakukan perbuatan yang merusak reputasi perusahaan, mungkin saja perusahaan akan jatuh bangkrut akibat ulahmu, dosa ini sangatlah berat (karena menyangkut keberlangsungan hidup banyak orang).

Organisasi keagamaan, organisasi Buddhis juga merupakan keluarga besar, di dalam vihara terdapat kepengurusan, ada ketua vihara, pengurus harian, ketua bagian kebaktian, humas dan sebagainya.

Mereka disebut sebagai pengurus vihara. Kita tidak boleh melakukan tindakan yang merugikan organisasi. Unsur penting dalam organisasi adalah kekompakan! Makanya Sang Buddha menetapkan “Enam Prinsip Keharmonisan”.

Jika anda merusak keharmonisan dalam sebuah organisasi, merusak reputasi organisasi, maka hal ini akan membawa kerugian besar bagi organisasi tersebut!

Makanya kebenaran yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni, bila diterapkan di dalam keluarga, satu keluarga akan berjaya; diterapkan di dalam perusahaan, perusahaan anda akan berjaya; diterapkan di dalam sebuah negara, negara tersebut akan berjaya.

Maka itu, tidak boleh melakukan perbuatan yang merugikan organisasi. Diri sendiri mesti memiliki pengendalian diri. Kita adalah bagian dari organisasi, tak peduli berada di mana saja, kita mewakili citra organisasi tersebut.

Apabila kepribadian kita kurang terpuji, sehingga orang lain memandang rendah pada diri kita, maka hal ini akan berdampak buruk pada citra organisasi, khalayak ramai akan memandang sebelah mata pada organisasi kita, inilah yang dimaksud sebagai perampok negara.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Februari 2005

Enam Prinsip Keharmonisan :


四重戒
不作國賊

人是社會動物,也就是說不能單獨生活,人是群居的動物,所以他有個社會形態。大眾生活在一起,團體比個人還要重要,你要懂得愛護團體,你才能有成就。世尊給我們的重戒,《梵網經》裡頭有兩句「不作國賊,不謗國主」。我們祖先紀念堂裡面最上面,我們把這四句寫的掛在上面,諸位天天可以看到的。《梵網經》上這兩句,不作國賊是什麼意思?賊是賊害、傷害,不作國賊就是決定不能做傷害國家的事情。

國是我們大團體,懂得這個意思,延伸下來就是決定不能做傷害團體的事情。最小的團體是家庭,古時候的家庭是大家庭,普通的大家庭四代同堂,這一個家族總有幾十人,這還很平常的;如果這個家族人丁興旺,這家族有幾百人。諸位看小說,你看《紅樓夢》裡頭,那是個家族、家庭,上上下下有二、三百人。家庭裡面任何一個成員,就是被家裡頭僱用的長工,也不可以做傷害這個大家庭的事情。大家庭有家規,有規矩,沒有規矩就亂了。現在都變成小家庭,可是現在社會依然有大家庭,什麼是大家庭?公司行號,那是個大家庭。大的公司跨國經營,在世界各國都有它的分公司,它們裡面的員工從上到下可能也有幾萬人,幾十萬人的,二、三十萬人這個大公司,有!那是個大家庭。任何一個員工不能做破壞公司的事情,做破壞公司的事情,可能這個公司就被你毀掉了,這個罪過比什麼都重。

宗教團體,我們佛門團體也是個大家族,寺院庵堂它也有組織,有方丈住持,這就好比是國主;有綱領執事,綱領執事就好比是國家領導人,他主管一部分的業務。整個寺廟,管總務的,佛門稱為當家、監院,他是管全寺總務的;管教務的稱首座;管秩序的,我們現在講執法的,叫維那;管接待賓客的,就是管外交的,叫知客。這些人都稱之為綱領執事,是這個團體裡面領導人。這些領導人,不管是總的領導人,總領導人是方丈住持,下面是他這個團體裡面的領導人,就像一個國家。一個國家的總統,這是國家的領導人,下面的像總理,各個部的部長,他這部長都是管一國某一部分的事情,都是領導人。這些領導人都稱之為國主,國主不是一個。所以決定不能傷害團體。這是不作國賊,要懂得這個意思。

團體最重要的是什麼?團結!所以佛給我們制定的法律是「六和敬」,佛門裡面對於破壞團體,就是依六和敬的法律來治罪。你讓這團體不和,你讓這個團體的信譽敗壞,這對團體傷害太大太大!所以我們要明白這個道理。所以佛的這些教誨,用在家庭一家興旺;用在公司,你的公司興旺;用在這一個國家,你國家興旺。講的都是原理原則,決定不能做傷害團體的事情。所謂自己要克制自己。我們是團體的一分子,無論在什麼地方,我們就是代表這個團體的形象。如果我們形象不好,讓外面人輕視我們、侮辱我們,那就是侮辱我們的團體,輕視我們的團體,這就是國賊。

不作國賊、不謗國主、不漏國稅、不犯國制  (共一集)  2005/2/21  澳洲淨宗學院(節錄自華嚴經12-017-1361a集)  檔名:29-068-0001