Minggu, 27 Januari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019 (Bgn 1)


Avatamsaka Sutra adalah Ekayana, yakni ajaran yang membimbing para makhluk dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan. Di dalam Avatamsaka Sutra, kita dapat melihat Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati; Sudhana Kumara yang mengunjungi 53 orang Kalyanamitra; yang terakhir adalah Bodhisattva Samantabhadra dengan sepuluh butir raja tekadNya menuntun para makhluk pulang ke Alam Sukhavati.

Avatamsaka Sutra menetapkan tujuan akhirnya adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya yang menghadiri Persamuan Avatamsaka Sutra, jumlahnya tak terhingga dan tanpa batas, seluruhnya pulang ke Alam Sukhavati di penjuru barat.

Sutra Lotus atau Saddharma Pundarika Sutra juga merupakan Ekayana, tujuan akhirnya juga terletak pada “Sutra Usia Tanpa Batas”. “Sutra Usia Tanpa Batas” tentu saja merupakan Ekayana, yang mengalir secara keseluruhan dari jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan).

Tingkatan Bodhisattva:
http://daunbodhi.blogspot.com/2018/11/tingkatan-bodhisattva.html
Video membaca Sutra Usia Tanpa Batas :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNhqLwrybHHspD9WF_X6W0L3kuxMTdBOB

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014


《華嚴》是一乘圓教。在《華嚴》我們看到文殊、普賢發願求生淨土;善財童子為我們表演大乘菩薩的修學,這就是五十三參;最後普賢菩薩十大願王導歸極樂。《華嚴》歸《無量壽》,華嚴海會四十一位法身大士,其數有無量無邊,皆歸西方極樂世界。這是真的,一點不假,經上清清楚楚跟我們說出來。《法華》也是一乘圓教,確確實實它們的歸趣就在《無量壽經》,《無量壽經》當然也是一乘圓教,確實是稱性之談,完全從自性裡頭流露出來的。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十四集)  2019/1/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0014


 

 
 
Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) merupakan ajaran yang mengalir dari dalam jiwa sejati yang sungguh tak terbayangkan.

Selama anda tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, membaca sutra ini, mempelajari sutra ini, menceramahkan sutra ini, mendengar ajaran sutra ini, maka akan terjalin dengan jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan), barulah anda dapat memahaminya. 

Sebaliknya bila di hatimu masih terdapat perbedaan dan kemelekatan, anda pasti tidak dapat memahami sutra ini. Ketika anda mendengar ceramah tentang sutra ini, anda tidak memahaminya lalu anda berpikir keras apa maknanya, maka semakin dipikir semakin gawat, jatuh ke dalam kesadaran ke-6 atau pikiran, jatuh ke dalam khayalan.

Oleh karena melewati proses berpikir makanya jatuh ke dalam vijnana (kesadaran), ini adalah “Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan”, bukanlah benar-benar mencapai pencerahan, pencerahan sejati tidak menggunakan proses berpikir, hal ini sungguh tidak gampang!

Sutra ini dapat dipahami atau tidak dipahami, bukanlah masalah, kalau tidak paham juga tidak apa-apa, yang penting adalah mampu membangkitkan keyakinan hati, yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya, yakin bahwa Buddha Amitabha nyata adanya, yakin bahwa kita pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, dengan melafal sepatah Amituofo ini, kita pasti bisa meraih keberhasilan, segala permasalahan jadi teratasi.

Tujuan sebenarnya dari mendengar ceramah dan membaca sutra adalah untuk memperkokoh keyakinan hati, jika bisa memahaminya yah bagus sekali, dapat membantumu meningkatkan kemajuan batin; sebaliknya kalau tidak memahaminya, asalkan dapat memperkokoh keyakinan dan tekad diri sendiri, maka pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati, setelah memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, maka segalanya sudah mampu dipahami.

Catatan :

Delapan Kesadaran :

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014


佛說這部經是不可思議裡頭流出來的,我們也有不可思議;換句話說,不起心、不動念、不分別、不執著,你去讀這部經、學習這部經、演說這部經、聽這部經,就跟自性的奧祕相應,你才能懂。如果你有分別執著,你決定聽不懂,你決定看不懂。聽不懂,我想一下應該會懂。愈想愈糟糕,想就落在第六意識,落在妄想裡面。通過思考就落到心意識去了,那個是世智辯聰,不是真正的開悟,真正的開悟不用心意識,這真不容易!

  這個經聽懂、聽不懂沒有關係,不要緊,要緊的是聽的過程當中真正建立信心,相信西方極樂世界真有,相信真正有阿彌陀佛,相信我們真想去是決定去得成,老老實實念這一句阿彌陀佛就成功,什麼問題都解決了。我們讀經、聽經真正的目的,加強信心,能聽懂很好,可以幫助你提升境界;聽不懂,加強自己的信願,決定往生,往生了得阿彌陀佛加持,就什麼都懂了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十四集)  2019/1/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0014

 


 
 
Bodhisattva dalam melatih diri, prinsip penuntun tertinggi ada pada “Sutra Usia Tanpa Batas”.  “Sutra Usia Tanpa Batas” langsung mengajari kita melafal Amituofo terlahir ke Tanah Suci Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, bahkan sesampainya di Alam Sukhavati, memiliki kebijaksanaan, kemampuan gaib, ketrampilan melatih diri yang setara dengan Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7.

Apa maknanya? Maknanya sungguh mendalam, yakni sesampainya di Alam Sukhavati, anda memiliki kemampuan yang serupa dengan Bodhisattva Dharmakaya, dimanapun para makhluk berdoa supaya diselamatkan, anda langsung dapat merespon dan menyelamatkan mereka, membimbing mereka ke arah jalan pembebasan, dengan penampilan apa supaya para makhluk dapat terselamatkan, maka anda dapat menjelma ke dalam wujud tersebut,  serupa dengan Bodhisattva Avalokitesvara yang memiliki 32 wujud jelmaan, anda memiliki kemampuan gaib yang sedemikian besarnya.

Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa kemampuan ini bukanlah hasil pelatihan diri sendiri, melainkan pemberkatan dari kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, sehingga anda memiliki kemampuan sedemikian rupa, hal ini sungguh tak terbayangkan.

Jadi bukan berarti sesampainya di Alam Sukhavati, harus menanti anda melatih diri hingga berhasil barulah dapat menyelamatkan para makhluk, namun begitu anda sampai di sana maka anda sudah memiliki kemampuan ini! Keistimewaan ini tidak terdapat di alam para Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru.

Maka itu “Sutra Usia Tanpa Batas” bukan saja merupakan sutra terunggul yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, namun juga merupakan sutra terunggul yang dibabarkan oleh semua Buddha Tathagata di sepuluh penjuru.

Tingkatan Bodhisattva :


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014


「一切諸佛之心要,菩薩萬行之司南,皆不出於此矣」,這個「此」是《無量壽經》。菩薩萬行,菩薩修行最高的指導原則在《無量壽經》。《無量壽經》直接教大家念佛往生淨土,直接引導往生淨土的人在很短的時間就達到徹悟心性的目標,而且一到那個地方,智慧、神通、道力跟七地菩薩一樣。這個話什麼意思?意思很深,就是說你一到西方極樂世界,你就有能力跟法身菩薩一樣,千處祈求千處應,哪個地方眾生有感,你就能夠到那裡去教化他,應以什麼身得度你就能現什麼身,像觀世音菩薩三十二應一樣,有那麼大的本事、那樣的神通。諸位要曉得,那不是你自己修來的,是阿彌陀佛本願威神加持你,讓你就起這個作用,這個不可思議。不是說到西方極樂世界,等我修成才能度眾生,你到那裡就行!這是十方諸佛的世界裡面沒有的。「是故本經稱為稱性之極談也」,也就是說,從諸佛如來,從阿彌陀佛如來自性裡面圓圓滿滿流露出來。講到極處,極就是圓滿。這部經是《華嚴經》中的《華嚴》,《法華經》中的《法華》;這個經真正是,不但是釋迦牟尼佛所說的第一經,也是十方一切諸佛如來所說的第一經,所以稱它為稱性極談,極談是說到極端了,再沒有了,全說出來了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十四集)  2019/1/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0014