Avatamsaka Sutra adalah Ekayana, yakni ajaran yang membimbing para
makhluk dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan. Di dalam Avatamsaka Sutra,
kita dapat melihat Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra bertekad
terlahir ke Tanah Suci Sukhavati; Sudhana Kumara yang mengunjungi 53 orang
Kalyanamitra; yang terakhir adalah Bodhisattva Samantabhadra dengan sepuluh
butir raja tekadNya menuntun para makhluk pulang ke Alam Sukhavati.
Avatamsaka Sutra menetapkan tujuan akhirnya adalah “Sutra Usia Tanpa
Batas”, 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya yang menghadiri Persamuan
Avatamsaka Sutra, jumlahnya tak terhingga dan tanpa batas, seluruhnya pulang ke
Alam Sukhavati di penjuru barat.
Sutra Lotus atau Saddharma Pundarika Sutra juga merupakan Ekayana,
tujuan akhirnya juga terletak pada “Sutra Usia Tanpa Batas”. “Sutra Usia Tanpa
Batas” tentu saja merupakan Ekayana, yang mengalir secara keseluruhan dari jiwa
sejati (Jiwa KeBuddhaan).
Tingkatan Bodhisattva:
http://daunbodhi.blogspot.com/2018/11/tingkatan-bodhisattva.html
Video membaca Sutra Usia Tanpa Batas :
https://www.youtube.com/playlist?list=PLNhqLwrybHHspD9WF_X6W0L3kuxMTdBOB
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014
《華嚴》是一乘圓教。在《華嚴》我們看到文殊、普賢發願求生淨土;善財童子為我們表演大乘菩薩的修學,這就是五十三參;最後普賢菩薩十大願王導歸極樂。《華嚴》歸《無量壽》,華嚴海會四十一位法身大士,其數有無量無邊,皆歸西方極樂世界。這是真的,一點不假,經上清清楚楚跟我們說出來。《法華》也是一乘圓教,確確實實它們的歸趣就在《無量壽經》,《無量壽經》當然也是一乘圓教,確實是稱性之談,完全從自性裡頭流露出來的。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第十四集) 2019/1/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-047-0014
Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas)
merupakan ajaran yang mengalir dari dalam jiwa sejati yang sungguh tak
terbayangkan.
Selama anda tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan
tidak melekat, membaca sutra ini, mempelajari sutra ini, menceramahkan sutra
ini, mendengar ajaran sutra ini, maka akan terjalin dengan jiwa sejati (Jiwa
KeBuddhaan), barulah anda dapat memahaminya.
Sebaliknya bila di hatimu masih terdapat perbedaan dan kemelekatan,
anda pasti tidak dapat memahami sutra ini. Ketika anda mendengar ceramah
tentang sutra ini, anda tidak memahaminya lalu anda berpikir keras apa
maknanya, maka semakin dipikir semakin gawat, jatuh ke dalam kesadaran ke-6
atau pikiran, jatuh ke dalam khayalan.
Oleh karena melewati proses berpikir makanya jatuh ke dalam vijnana
(kesadaran), ini adalah “Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan”, bukanlah
benar-benar mencapai pencerahan, pencerahan sejati tidak menggunakan proses
berpikir, hal ini sungguh tidak gampang!
Sutra ini dapat dipahami atau tidak dipahami, bukanlah masalah, kalau
tidak paham juga tidak apa-apa, yang penting adalah mampu membangkitkan
keyakinan hati, yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya, yakin bahwa Buddha
Amitabha nyata adanya, yakin bahwa kita pasti berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati, dengan melafal sepatah Amituofo ini, kita pasti bisa meraih
keberhasilan, segala permasalahan jadi teratasi.
Tujuan sebenarnya dari mendengar ceramah dan membaca sutra adalah
untuk memperkokoh keyakinan hati, jika bisa memahaminya yah bagus sekali, dapat
membantumu meningkatkan kemajuan batin; sebaliknya kalau tidak memahaminya, asalkan
dapat memperkokoh keyakinan dan tekad diri sendiri, maka pasti dapat terlahir
ke Alam Sukhavati, setelah memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, maka
segalanya sudah mampu dipahami.
Catatan :
Delapan Kesadaran :
Insan yang tidak memiliki
kebijaksanaan :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan
Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014
佛說這部經是不可思議裡頭流出來的,我們也有不可思議;換句話說,不起心、不動念、不分別、不執著,你去讀這部經、學習這部經、演說這部經、聽這部經,就跟自性的奧祕相應,你才能懂。如果你有分別執著,你決定聽不懂,你決定看不懂。聽不懂,我想一下應該會懂。愈想愈糟糕,想就落在第六意識,落在妄想裡面。通過思考就落到心意識去了,那個是世智辯聰,不是真正的開悟,真正的開悟不用心意識,這真不容易!
這個經聽懂、聽不懂沒有關係,不要緊,要緊的是聽的過程當中真正建立信心,相信西方極樂世界真有,相信真正有阿彌陀佛,相信我們真想去是決定去得成,老老實實念這一句阿彌陀佛就成功,什麼問題都解決了。我們讀經、聽經真正的目的,加強信心,能聽懂很好,可以幫助你提升境界;聽不懂,加強自己的信願,決定往生,往生了得阿彌陀佛加持,就什麼都懂了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第十四集) 2019/1/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-047-0014
Bodhisattva dalam melatih diri, prinsip penuntun tertinggi ada pada “Sutra
Usia Tanpa Batas”. “Sutra Usia Tanpa
Batas” langsung mengajari kita melafal Amituofo terlahir ke Tanah Suci
Sukhavati dan mencapai KeBuddhaan, bahkan sesampainya di Alam Sukhavati, memiliki
kebijaksanaan, kemampuan gaib, ketrampilan melatih diri yang setara dengan
Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7.
Apa maknanya? Maknanya sungguh mendalam, yakni sesampainya di Alam
Sukhavati, anda memiliki kemampuan yang serupa dengan Bodhisattva Dharmakaya,
dimanapun para makhluk berdoa supaya diselamatkan, anda langsung dapat merespon
dan menyelamatkan mereka, membimbing mereka ke arah jalan pembebasan, dengan
penampilan apa supaya para makhluk dapat terselamatkan, maka anda dapat
menjelma ke dalam wujud tersebut, serupa
dengan Bodhisattva Avalokitesvara yang memiliki 32 wujud jelmaan, anda memiliki
kemampuan gaib yang sedemikian besarnya.
Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa kemampuan ini bukanlah hasil
pelatihan diri sendiri, melainkan pemberkatan dari kewibawaan tekad agung
Buddha Amitabha, sehingga anda memiliki kemampuan sedemikian rupa, hal ini
sungguh tak terbayangkan.
Jadi bukan berarti sesampainya di Alam Sukhavati, harus menanti anda
melatih diri hingga berhasil barulah dapat menyelamatkan para makhluk, namun
begitu anda sampai di sana maka anda sudah memiliki kemampuan ini! Keistimewaan
ini tidak terdapat di alam para Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru.
Maka itu “Sutra Usia Tanpa Batas” bukan saja merupakan sutra
terunggul yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, namun juga merupakan sutra
terunggul yang dibabarkan oleh semua Buddha Tathagata di sepuluh penjuru.
Tingkatan Bodhisattva :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-14
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0014
「一切諸佛之心要,菩薩萬行之司南,皆不出於此矣」,這個「此」是《無量壽經》。菩薩萬行,菩薩修行最高的指導原則在《無量壽經》。《無量壽經》直接教大家念佛往生淨土,直接引導往生淨土的人在很短的時間就達到徹悟心性的目標,而且一到那個地方,智慧、神通、道力跟七地菩薩一樣。這個話什麼意思?意思很深,就是說你一到西方極樂世界,你就有能力跟法身菩薩一樣,千處祈求千處應,哪個地方眾生有感,你就能夠到那裡去教化他,應以什麼身得度你就能現什麼身,像觀世音菩薩三十二應一樣,有那麼大的本事、那樣的神通。諸位要曉得,那不是你自己修來的,是阿彌陀佛本願威神加持你,讓你就起這個作用,這個不可思議。不是說到西方極樂世界,等我修成才能度眾生,你到那裡就行!這是十方諸佛的世界裡面沒有的。「是故本經稱為稱性之極談也」,也就是說,從諸佛如來,從阿彌陀佛如來自性裡面圓圓滿滿流露出來。講到極處,極就是圓滿。這部經是《華嚴經》中的《華嚴》,《法華經》中的《法華》;這個經真正是,不但是釋迦牟尼佛所說的第一經,也是十方一切諸佛如來所說的第一經,所以稱它為稱性極談,極談是說到極端了,再沒有了,全說出來了。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第十四集) 2019/1/19 香港佛陀教育協會 檔名:02-047-0014