Insan yang tidak
memiliki kebijaksanaan 21
Buddha Sakyamuni
membabarkan Dharma menuruti kemampuan penerimaan masing-masing pendengarnya,
maka itu materi yang disampaikan oleh Sang Buddha juga tidak serupa. Seperti
dokter yang mengobati penyakit pasien, dia harus membuka resep obat yang sesuai
dengan jenis penyakit yang diderita pasiennya.
Kita tidak dapat
memahami secara keseluruhan makna dari Dharma yang dibabarkan oleh Sang Buddha.
Di dalam “Gatha Pembukaan Sutra” tercantum : “Semoga memahami makna sebenarnya
dari sutra yang dibabarkan Tathagata”.
Orang awam
memiliki tabiat yang sangat berat, hendak melakukan penelitian, harus mencari
buktinya, apakah sikap ini tepat atau tidak? Tidak bisa dikatakan tidak tepat,
juga tidak bisa dikatakan tepat. Apa alasannya? Terlampau melekat malah berubah
jadi rintangan, yang terlampau itu setelah diurai malah akan gampang jadi
tercerahkan.
Zhuge Liang dalam
membaca buku, takkan memaksakan diri untuk mencari pemahaman sampai
sedetail-detailnya, hanya perlu memahami maknanya secara garis besar, beginilah
cara dia belajar.
Ada orang yang
setelah membaca buku, harus memaksakan diri untuk mencari pemahaman sampai
sedetail-detailnya, harus mendapatkan penjelasan secara terperinci, apakah
dengan demikian dia sudah mengerti dengan jelas? Justru persoalannya sangat besar.
Sampai pada satu
tahapan, diri sendiri mengira sudah memahami dengan jelas, dia akan berhenti
dan takkan melangkah maju lagi. Padahal jika maju lagi selangkah, maka sungguh
merupakan segala ilmu itu memiliki kedalaman yang tiada batasnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei
2011
Gatha Pembukaan
Sutra :
世智辯聰
(二十一)
佛應機說法,聽眾根機不一樣,佛講的就不相同。像大夫治病一樣,他是什麼病得給他開什麼藥,「故未可拘於一格,死於句下」,我們就完全不能了解佛說法的意思。開經偈上說得好,「願解如來真實義」。凡夫習氣很重,要研究,要追根究柢,這個態度正不正確?不能說不正確,也不能說你完全正確。為什麼?過分的執著就變成障礙,大而化之反而容易開悟。諸葛亮讀書,不求甚解,只觀其大意,這是他讀書的方法。有人讀書的時候一定要追根到底,把它搞清楚、搞明白,他是不是真的清楚明白?問題很大。到一個階段自己以為搞清楚、搞明白,他就不能再往前進。如果再往前進,真的一切法其深無底。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三九四集) 2011/5/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-039-0394