Rabu, 10 Juni 2020

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 21


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 21

Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma menuruti kemampuan penerimaan masing-masing pendengarnya, maka itu materi yang disampaikan oleh Sang Buddha juga tidak serupa. Seperti dokter yang mengobati penyakit pasien, dia harus membuka resep obat yang sesuai dengan jenis penyakit yang diderita pasiennya. 

Kita tidak dapat memahami secara keseluruhan makna dari Dharma yang dibabarkan oleh Sang Buddha. Di dalam “Gatha Pembukaan Sutra” tercantum : “Semoga memahami makna sebenarnya dari sutra yang dibabarkan Tathagata”.

Orang awam memiliki tabiat yang sangat berat, hendak melakukan penelitian, harus mencari buktinya, apakah sikap ini tepat atau tidak? Tidak bisa dikatakan tidak tepat, juga tidak bisa dikatakan tepat. Apa alasannya? Terlampau melekat malah berubah jadi rintangan, yang terlampau itu setelah diurai malah akan gampang jadi tercerahkan.

Zhuge Liang dalam membaca buku, takkan memaksakan diri untuk mencari pemahaman sampai sedetail-detailnya, hanya perlu memahami maknanya secara garis besar, beginilah cara dia belajar.

Ada orang yang setelah membaca buku, harus memaksakan diri untuk mencari pemahaman sampai sedetail-detailnya, harus mendapatkan penjelasan secara terperinci, apakah dengan demikian dia sudah mengerti dengan jelas? Justru persoalannya sangat besar.

Sampai pada satu tahapan, diri sendiri mengira sudah memahami dengan jelas, dia akan berhenti dan takkan melangkah maju lagi. Padahal jika maju lagi selangkah, maka sungguh merupakan segala ilmu itu memiliki kedalaman yang tiada batasnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Mei 2011

Gatha Pembukaan Sutra :


世智辯聰
(二十一)

佛應機說法,聽眾根機不一樣,佛講的就不相同。像大夫治病一樣,他是什麼病得給他開什麼藥,「故未可拘於一格,死於句下」,我們就完全不能了解佛說法的意思。開經偈上說得好,「願解如來真實義」。凡夫習氣很重,要研究,要追根究柢,這個態度正不正確?不能說不正確,也不能說你完全正確。為什麼?過分的執著就變成障礙,大而化之反而容易開悟。諸葛亮讀書,不求甚解,只觀其大意,這是他讀書的方法。有人讀書的時候一定要追根到底,把它搞清楚、搞明白,他是不是真的清楚明白?問題很大。到一個階段自己以為搞清楚、搞明白,他就不能再往前進。如果再往前進,真的一切法其深無底。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三九四集)  2011/5/4  香港佛陀教育協會  檔名:02-039-0394