Insan
yang tidak memiliki kebijaksanaan 11
Bagaimana
cara menerima ajaran sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya?
Master Yin Guang berkata, dengan hati yang tulus dan hormat, meyakini, memahami
dan mengamalkan, barulah anda bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya.
Yang
paling penting adalah memiliki sebutir hati yang tulus dan hormat, bukan saja
terhadap Buddha Dharma, bahkan terhadap Dharma duniawi juga serupa, belajar
bidang apapun, kondisi batin bagaimana yang akan dicapai, kuncinya ada pada
hati yang tulus dan hormat, tidak ada kaitannya dengan orang lain, seluruhnya
terletak pada diri sendiri.
“Dengan
membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian
manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat
memperoleh sepuluh bagian manfaat”.
Secara
keseluruhan terletak pada diri sendiri, patut diketahui, tidak ada kaitannya
dengan orang lain, materi yang dipelajari dan lingkungan luar.
Terutama
adalah sikap curiga dan ragu, lalu sikap yang melontarkan kritikan, inilah yang
paling celaka. Sikap curiga dan ragu masih agak lumayan, diri sendiri saja yang
tidak memperoleh manfaat, tetapi melontarkan kritikan itu adalah menciptakan
karma buruk, akibatnya harus ditanggung diri sendiri.
Jika anda
tidak memahami dengan jelas, lalu sembarangan melontarkan kritikan, buah
akibatnya kelak adalah kedunguan, tak peduli lahir ke alam manapun tetap saja
menderita kedunguan, tidak punya kebijaksanaan.
Ketahuilah
bahwa akibat kedunguan adalah sangat mudah menciptakan karma buruk, oleh karena
menciptakan karma buruk maka jatuh ke tiga alam rendah menjalani siksaan.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 4 Februari 2011
世智辯聰
(十一)
怎樣接受我們才能得真實的利益?印光大師講得好,真誠恭敬心,信解執持,你真得到了。最重要的是真誠恭敬心,不但對佛法,對世間法亦如是,學習任何一樣東西,你能達到什麼樣的境界,關鍵全在真誠恭敬,與別人不相干,完全在自己。真的,ㄧ分恭敬你就得ㄧ分成就,十分恭敬你就得十分成就,完全決定在自己,要知道,於人、於法、於一切境緣統統不相干,這個道理不能不懂。最忌諱的是懷疑的態度,再要是批評的態度那就更糟糕了,懷疑態度還好,自己不得利益,批評造罪業,果報要自己承當。你要是批評錯了,你將來得的果報是愚痴,無論投生在哪一道都愚痴,沒智慧。可是你要知道,愚痴就非常容易造業,造業就不能不受三途苦報,你說這個麻煩多大。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第二六三集) 2011/2/4