Minggu, 10 November 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 15


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 15

Mengapa Master Huineng begitu mendengar ceramah dari Sesepuh ke-5, langsung mencapai pencerahan agung, menemukan kembali jiwa sejati? Oleh karena dia tidak membeda-bedakan, tidak melekat dan tidak timbul niat pikiran, di sinilah letak kemampuannya.

Siapa yang sanggup melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka enam akar indria-nya (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) akan bersinar terang, “Surangama Sutra” menyebutkan “Pintu enam akar indria memancarkan cahaya mengguncang permukaan alam”.

Begitu anda melihatnya, begitu anda mendengarnya, langsung tercerahkan. Di manakah letak kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia? Yakni di depan mata, bukan berada di tempat lain, tak terpisahkan dari dirimu. Anda ingin mencapai pencerahan, sesungguhnya sangatlah mudah, yakni dengan melepaskan kemelekatan.

Ketika saya masih menjadi praktisi pemula, pertama kali bertatap muka dengan Master Zhangjia, mengajukan pertanyaan kepada Master, adakah cara yang paling cepat untuk menyelami Buddha Dharma? Beliau menjawab : Mengikhlaskan, melepaskan kemelekatan.

Waktu itu rintangan karma-ku masih berat, tidak serupa dengan Master Huineng, andaikata waktu itu saya sudah serupa dengan Master Huineng, maka begitu mendengar kalimat “Mengikhlaskan, melepaskan kemelekatan”, saya pasti langsung mencapai pencerahan bukan?

Oleh karena kala itu rintangan karma masih berat, setelah mendengar perkataan Master Zhangjia, tampaknya seperti mengerti, tapi juga sepertinya tidak paham.

Beliau benar-benar tidak mengelabui diriku, bayangkan baru hari pertama kami berkenalan, guru tidak menyimpan ilmu sama sekali, langsung memberitahukan padaku “kunci-nya”.

Selama kurun waktu 60 tahun kami belajar Buddha Dharma, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang, barulah menyadarinya secara keseluruhan.

Pada satu masa kehidupan ini, ingin mencapai pencerahan agung, kesulitannya terletak pada melepaskan kemelekatan, setelah terlahir ke Alam Sukhavati barulah kita mampu mewujudkannya!

Asalkan sanggup melepaskan perbedaan dan kemelekatan, maka kita telah memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011


世智辯聰
(十五)


為什麼能大師聽五祖一說法就大徹大悟、明心見性?他沒分別沒執著、沒起心沒動念,本事就在此地。誰能夠放下妄想分別執著,那個六根都放光,《楞嚴經》上說的「六根門頭放光動地」。你看也好、聽也好,你接觸也好,立刻開悟。宇宙人生的真相在哪裡?就在眼前,不在別的地方,沒離開你。你要開悟實在講很簡單,放下就是。

  我初學佛的時候,第一次見章嘉大師,向他老人家提出這個問題。他告訴我:看破、放下。我還是業障重,不是像惠能,像惠能不是馬上就開悟了嗎?業障重,聽到這兩句話,好像懂,又好像不懂。他真的沒有欺騙我,你看第一天,佛門叫和盤托出,一絲毫沒有保留,就把祕訣告訴我了。我們在學佛六十年當中長時間的薰習,完全體會到了。這一生大徹大悟,就是徹底放下難,但是往生極樂世界有把握!只要放下分別執著就可以了,極樂世界就有分。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0七集)  2011/2/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0307