Rabu, 07 Agustus 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 10


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 10

Orang masa kini merasa ragu dan curiga pada Guru Sesepuh dan praktisi senior zaman dulu, dengan perkataan yang tidak sedap didengar telinga, keraguan ini menciptakan karma buruk. Tetapi siapa yang percaya? Hanya mereka yang pernah mengalami pengalaman serupa yang dapat mempercayainya, sebagian orang lainnya tidak sudi percaya.

Seperti ketika masih muda, diriku diliputi banyak keraguan, masa kini di mana-mana dapat kita jumpai orang seperti diriku ini, tetapi dia tidak seberuntung diriku, saya dapat bertemu dengan guru yang baik, yang menjelaskan padaku dengan terperinci, memberikan bimbingan selama jangka panjang, setelah diri sendiri menyelami ajaran sutra, barulah tercerahkan!

Sesungguhnya di dalam sutra, segalanya sudah diuraikan secara jelas, tetapi kita tidak memahaminya, mendengar tapi tidak mengerti, melihat tapi juga tidak mengerti.

Seperti yang dikatakan orang Tiongkok sebagai “Pada dasarnya sifat manusia adalah baik”, setelah membaca kalimat ini sepertinya kita sudah mengerti, padahal sesungguhnya kita tidak paham, apabila kita benar-benar telah memahami bahwa sifat dasar manusia itu adalah baik, maka takkan ada lagi keraguan, takkan ada pertanyaan-pertanyaan yang tidak perlu, bila dapat  memahami bahwa segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran, maka takkan ada keraguan dan pertanyaan lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2010


世智辯聰
(十)

我們今人,現代人對祖師大德的懷疑,說得不好聽的話,這是罪過。但是誰相信?只可以說過來人相信,一般人不肯相信。

像我年輕的時候這樣多疑的,現在普遍都是,他沒有我那麼幸運,我能遇到好老師,給我詳詳細細的解釋,長時間的誘導,到自己深入經藏之後,恍然大悟!實在經典裡面都說得很清楚,我們不懂,聽不懂、看不懂。像中國古人講的「人性本善」,我們好像懂了,其實沒懂,如果真正懂得本善,這疑問就沒有了,真正懂得心現識變,這疑問也沒有。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二0二集)  2010/11/22