Kamis, 24 Januari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung Oktober 1992


Master Chin Kung : Praktisi sejati mesti menjauhi lima jenis sayuran berbau tajam

Surangama Sutra menyebutkan bahwa seorang praktisi sejati mesti menjauhi lima jenis sayuran berbau tajam. Lima jenis sayuran berbau tajam terdiri dari :  
1.      Bawang merah
2.     Bawang putih 大蒜
3.     Bawang Bombay 興渠
4.    Daun bawang 韭菜
5.     Allium (bawang putih kecil) 蕎頭

Mengapa lima sayuran berbau tajam ini tidak boleh dikonsumsi? Surangama Sutra menyebutkan dengan jelas bahwa lima jenis sayuran berbau tajam ini bukan merupakan jodoh pendukung, maka itu harus dijauhi.

Kalau dimakan mentah akan memancing amarah, dengan perkataan lain dapat membangkitkan kebencian. Kalau dimakan setelah dimasak, maka akan membangkitkan nafsu indria.

Hal ini mesti dipahami oleh semua praktisi, makanya lima jenis sayuran berbau tajam harus dijauhi, barulah merupakan jodoh pendukung untuk menyingkirkan karma buruk, tujuannya ada di sini.

Tetapi banyak praktisi yang datang bertanya padaku, lima jenis sayuran berbau tajam ini, apakah boleh dijadikan penyedap makanan. Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa setiap butir sila dalam Ajaran Buddha terdapat pengecualiannya, jadi bukan berarti melanggar sila.

Umpamanya bawang harus dimakan sampai mencapai kadar tertentu barulah ada reaksinya, padahal bila dijadikan penyedap makanan hanya butuh sedikit saja, jadi takkan ada reaksinya, ini diperbolehkan.

Lain halnya di dalam vihara, bila menggunakan sayuran berbau tajam untuk dijadikan penyedap makanan, akan mengundang gunjingan, maka itu lebih baik tidak dipakai, terkecuali bagi umat awam, bukanlah masalah, yang penting kadarnya jangan sampai kelewat batas.

Bawang putih umpamanya, kita tidak mungkin menelannya perbutir, rasanya yang menusuk dan menghentak, pedasnya bukan main. Orang Shandong kalau makan bawang putih kayak makan kacang rupanya, sekali makan bisa menghabiskan semangkok, kalau sudah begini pasti ada reaksinya. Jadi bila digunakan sebagai penyedap makanan, hanya butuh sedikit saja, hal ini bukanlah masalah.

Serupa dengan arak misalnya, minum arak juga merupakan pelanggaran sila, oleh karena bila diminum sampai mabuk, anda akan kehilangan kendali diri. Di Amerika pada malam hari berkendara mestilah berhati-hati, mengapa demikian? Ada banyak pemabuk yang berkendara sehingga mencelakai diri sendiri dan orang lain.

Maka itu arak boleh diminum selama tidak sampai memabukkan dan kehilangan kendali diri. Anda hendaknya mengetahui bahwa Ajaran Buddha dapat diterima dengan akal sehat dan tidak menetapkan aturan secara tidak logika.

Anda memasak di rumah, kadang kala juga menaruh sedikit arak sebagai penyedap makanan, apakah kadar arak  ini dapat memabukkan? Tidak. Jadi sebagai penyedap makanan, boleh saja digunakan, hal ini bukanlah merupakan pelanggaran sila.

Dipetik dari Ceramah Master Chin Kung Oktober 1992
Judul : “Penjelasan Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Amituofo Dengan Sempurna Tanpa Rintangan”.
Serial ke-7
Bertempat di : San Jose, California
Kode Artikel : 05-005-0007



淨空法師:真正修行人一定要斷除五辛
    
  譬如,舉一個例子,《楞嚴經》裡面說到,一個真正修行人一定要斷五辛。五辛就是五葷菜。五葷菜包括什麼?很多同修都知道,蔥、蒜、荞頭(小蒜)、韭菜,這四種我們中國有,還有一種興渠,我們中國沒有。興渠是印度梵音翻過來的,實際上就是現在美國的洋蔥這一類。這五種東西,這也是蔬菜,蔬菜為什麼不能吃它?這個蔬菜叫葷菜。諸位知道,這個不是肉,肉叫,葷腥。葷菜就是這五種叫葷菜,這個我們要搞清楚。吃肉叫吃葷的,那就大錯,外行!

葷是草字頭,草頭下面一個軍隊的軍。,它是植物,它不是動物;動物叫,叫葷腥。《楞嚴》上跟我們講得很明白,它是一個非常不好的助緣,我們要遠離它。佛說生吃它會刺激我們的生理,生吃容易動肝火,容易發脾氣。換句話說,它能夠幫助你引起你的瞋恚心,它有這個作用。熟吃,它是增長荷爾蒙容易引起性沖動,原因在此地,這是諸位同修統統要知道的。所以五葷菜要斷,這是助緣,除掉惡業的助緣,目的在此地,它的性質不好。

  可是有很多同修找我問到,這遇到過,他說:我們過去吃肉,現在叫我不吃肉要吃素。吃素的時候,這些東西等於是香料一樣,配配佐料,都不需要,這個素菜一點味道都沒有,這就吃不下去了。大家要知道,佛家的戒律條條戒律都有開緣,這叫開戒,不犯戒。你們知道蔥蒜要吃到一定的分量才會產生作用,一盤菜裡頭切一點點配味道,絕對不起作用,這個可以。

出家的寺院要用這個,會引起別人說閒話,所以干脆不要了,在家沒有關系。這是我告訴諸位,不能過量。實在講大蒜,我們一般人吃不下去,生吃你能吃得下去?辣得不得了。像山東人吃它就起作用,他吃大蒜瓣就跟吃花生米一樣,一次他就吃一大碗,那個起作用。所以佛教戒,是戒那一種的,不是教你一盤菜以一兩瓣蒜瓣配佐料的,那個不起作用。

  正如同酒是大戒之理,酒本身沒有罪過,殺盜淫妄這是罪過,這是性罪。酒叫遮罪。什麼叫遮罪?是預防的。酒喝醉了,亂性。在美國晚上開車要小心,為什麼?有很多酒喝醉了出車禍,害自害人。所以酒如果不喝醉沒有過失,不會產生過失。你要明理,佛是很講理的,佛不是不講道理的。你們在家裡做菜,菜裡面放一點料酒,那個料酒會醉得了人嗎?不會。所以料酒可以用,不單是一般做料酒的清酒,好的酒都可以做料酒。

但是洋酒不太行,我們中國有名的,像茅台這些好的酒都可以做料酒,取它這個香味,它不起作用。這些一般常識我們要懂,然後我們才真正知道怎樣學佛。五葷菜這是決定不能夠過量,做佐料來用決定不犯戒的。

文摘恭錄  大勢至菩薩念佛圓通章研習報告  第七集  1992/10  美國聖荷西  檔名:05-005-0007