Sabtu, 20 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Maret 2019


Apabila tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka sia-sia saja anda datang ke dunia ini! Kesempatan ini sungguh langka, sulit ditemukan. Di masa lampau kita telah melewatkannya dengan sia-sia, hari ini bersua kembali dengan jodoh ini, terbayang betapa mendalamnya jalinan jodoh kita dengan Buddha Amitabha dan Buddha Sakyamuni, jadi bukanlah secara kebetulan, hal ini mesti kita yakini.

Kalyanamitra itu sulit ditemukan, walaupun telah berjumpa, anda juga tidak bisa memperoleh apa-apa. Mengapa demikian? Oleh karena hatimu penuh dengan kegelisahan, tidak dapat tenang, tidak sanggup terfokus.

Andaikata dapat terfokus maka terjalin dengan sila. Ajaran Buddha membahas tentang melatih diri sendiri dan menyelamatkan orang lain, melatih diri sendiri adalah mengamalkan sila; menyelamatkan orang lain, saya mengamalkan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan) adalah untuk diperlihatkan kepada orang lain, guna membimbing para makhluk.  

Dalam hal ini memberi teladan dengan pengamalan nyata, apabila dia bertanya, kita boleh menjawab. Baik itu berupa penjelasan secara terperinci maupun secara sederhana atau garis besarnya saja, jadi mesti melihat si penanya, apabila dia sudah mengerti, maka jelaskan saja secara garis besar; sebaliknya bila si penanya tidak mengerti, maka mesti menjelaskannya secara terperinci, inilah yang disebut menyelamatkan para makhluk.

Dengan adanya landasan ini, jodoh ini, perbanyak belajar ajaran sutra, pemahamanmu terhadap Buddha Dharma akan bertambah luas, sehingga dapat menjelaskannya kepada orang lain, terhadap ajaran sutra takkan merasa asing, mendengar penjelasan anda, orang lain merasa amat bersukacita.

Usai berceramah, diri sendiri mesti dapat mengamalkannya, kalau tidak mengamalkannya, malah akan menambah kekotoran batin orang lain. Sisi yang tidak sanggup diamalkan, janganlah diceramahkan keluar, poin yang dapat diamalkan, barulah diungkapkan keluar, begini barulah betul.

Kesimpulannya, membimbing orang lain supaya membangkitkan niat hati dan pikiran yang baik, dalam kehidupan keseharian jangan ada hati khayal, jangan ada kekotoran batin dan kemelekatan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Maret 2019
Judul : Menjalankan sila dan memberi teladan
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia 
Kode Artikel : 32-325-0002


如果不能夠往生,你就空走這一趟了!這個緣分非常稀有,難得遇到。過去我們疏忽了,今天遇到這個緣分,使我們想到過去我們跟阿彌陀佛、跟本師釋迦牟尼佛都有很深厚的緣分,絕對不是偶然的,這一點我們要相信。

善知識不容易遇到,縱然遇到了,你什麼也得不到。為什麼?你的心是浮動的,不是在定中。要在定中,與戒律相應。佛法講自行化他,自行是持戒;化他,我表現的戒定慧三學是做給別人看的,這就是度化眾生。可以在這個境界裡面為人演說,他要問,給他解答。詳細說、簡單說,看對方,對方明白了,簡單說就可以;對方不明白,詳細給他說,叫度眾生。有這個基礎、有這個緣分,多學一點經典,你對佛法了解就多些,給別人講解,對經典熟悉,你講的別人聽得很歡喜。講了要做到,做不到,增加別人煩惱。沒做到的地方不講,我做到的地方給人講,這就對了。總而言之,教他善心善念起來,生活裡頭不要起妄心、妄念,不要有煩惱執著。

文摘恭錄 澳洲淨宗學院餐後開示持戒是自行,演說是化他  (第二集)  2019/3/9  澳洲淨宗學院  檔名:32-325-0002




 

Ketrampilan melatih diri adalah dalam kehidupan keseharian setahap demi setahap, perlahan-lahan makin meningkat, penuh sukacita dalam Dharma. Bagaimana cara meningkatkan kualitas batin? Dengan cara begini, bila anda berhasil mempelajarinya, maka ini akan sangat membantu dirimu.

Konfusius memiliki lima kebajikan yakni harmonis, bajik, hormat, bersahaja dan mengalah. Beliau menghormati setiap insan, setiap hal, setiap makhluk hidup dan benda mati, jadi bukan karena anda menghormatiku, barulah saya sudi menghormatimu.

Walaupun tidak saling kenal, saya juga akan menghormatinya, Buddha dan Bodhisattva memberitahukan pada kita bahwa setiap bersua dengan siapa saja, juga mesti memiliki hati hormat, apa alasannya? Oleh karena setiap makhluk memiliki benih KeBuddhaan.

Kini saya begitu beruntung dapat mengenal ajaran insan suci dan bijak, sedangkan dia masih awam, hendaknya kita mempengaruhi dirinya, membantu dirinya.

Membantu seseorang supaya kembali ke jalan yang benar, kelak dia juga akan membantu orang lain, dari seorang sosok yang belajar beralih menjadi pembimbing, jasa kebajikan ini sungguh tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Maret 2019
Judul : Menjalankan sila dan memberi teladan
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia 
Kode Artikel : 32-325-0002


修行初步功夫,在日常生活當中慢慢提升,法喜充滿。佛法裡面,境界向上提升用什麼方法?就用這個,你要學會了,對你幫助很大。

孔老夫子溫良恭儉讓,跟菩薩戒沒有兩樣,一生溫和、善良、恭敬。恭敬是對一切人、一切事、一切物都恭敬,而不是我尊敬的人我對他恭敬,我不認識的人我不會對他恭敬。佛、聖人告訴我們,見到一切人都要用恭敬心,為什麼?一切眾生本來是佛。我現在很幸運,走聖賢的道路,他沒有我這麼幸運,他還在搞凡夫,我們去影響他、幫助他。幫一個回頭,他又會幫別人,輾轉傳授,功德無量。

文摘恭錄 澳洲淨宗學院餐後開示持戒是自行,演說是化他  (第二集)  2019/3/9  澳洲淨宗學院  檔名:32-325-0002