Rabu, 23 Januari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2019 (Bgn 3)


Di dalam hatiku hanya ada sepatah Amituofo, hanya memikirkan Buddha Amitabha, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Lingkungan di Alam Sukhavati sangat mendukung pelatihan diri, usia penduduknya adalah tanpa batas, bahkan hanya butuh waktu singkat untuk meraih keberhasilan. Mengapa demikian?

Oleh karena lingkungan pelatihan diri yang bagus, takkan bertemu dengan jodoh penghambat, di sana anda takkan berhasil menemukan rintangan, semuanya merupakan jodoh yang membantumu mencapai kesempurnaan, oleh karena di sana orang-orang yang anda jumpai adalah para Buddha Tathagata, para Bodhisattvaya Mahasattvaya.

Sesampainya di Alam Sukhavati, hendaknya diketahui bahwa, setiap saat anda dapat berjelajah di seluruh alam para Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru.

Anda memiliki kemampuan menjelma hingga tubuh yang tak terhingga, jadi dirimu yang asli masih duduk di Alam Sukhavati mendengar ceramah Buddha Amitabha, sementara itu anda mampu menjelma hingga tubuh yang tanpa batas dan tak terhingga, menuju ke sepuluh penjuru alam guna bernamaskara dan memberi persembahan kepada para Buddha, lalu mendengar pembabaran Dharma dari para Buddha, keistimewaan ini cuma ada di Alam Sukhavati.

Maka itu bila anda ingin memperkaya pengetahuan, sampai di Alam Sukhavati, anda bisa mempelajari keseluruhannya, para Buddha yang akan langsung mengajarimu.

Bayangkan, jalinan jodoh yang begitu istimewanya, lingkungan belajar yang begitu unggul, mana boleh tidak terlahir ke sana?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-10
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0010


我心裡頭只有阿彌陀佛,只想阿彌陀佛,一心想著早一點回極樂世界,到極樂世界就成佛了。那個地方修學的環境好,人的壽命長,無量壽,而且快速成就。為什麼?修學環境好,決定沒有障礙的緣被你遇到,你在那裡找不到有障礙的,都是成就你的緣,因為你在那個地方,你所接觸到的都是諸佛如來、諸大菩薩。到西方極樂世界,要曉得,你能夠時時刻刻接觸到十方一切諸佛如來,你有能力分身,坐在那個地方聽阿彌陀佛講經說法,分無量無邊身到十方世界去拜佛、去供養、聽佛說法,這是十方世界裡沒有的緣分,極樂世界具足。所以廣學多聞,到極樂世界真的廣學多聞,諸佛親自教誨,你有能力分身。你說這樣殊勝的因緣,這麼殊勝的學習環境,怎能不去?

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十集)  2019/1/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0010




 

Pada satu masa kehidupan ini, anda berhasil terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, inilah yang disebut sebagai sempurna, orang zaman dulu berkata, tidak lama lagi harapan itu pasti jadi kenyataan, anda pasti meraih keberhasilan; terutama terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pasti mencapai ketidakmunduran.

Alam Sukhavati diibaratkan adalah sebuah kampus, Guru Pembimbing adalah Buddha Amitabha, para Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru juga berdatangan menjadi Dosen di sana; para siswa, di bawah tingkatan Bodhisattva Calon Buddha, seluruhnya merupakan siswa.

Bodhisattva Dharmakaya berada di kelas tingkatan atas; Pratyekabuddha, Sravaka berada di kelas menengah; sedangkan kita semuanya yang membawa serta karma terlahir ke Alam Sukhavati, berada di kelas dasar.

Meskipun berada pada kelas dasar, namun segala fasilitas dan keistimewaan yang dinikmati oleh peserta kelas atas, kita juga dapat menikmatinya, hal ini takkan dapat dijumpai di sepuluh penjuru alam lainnya.

Anda dapat menikmati segala fasilitas dan keistimewaan yang dinikmati oleh peserta kelas atas, ini merupakan Maha Maitri Maha Karuna Buddha Amitabha, pemberkatan dari 48 tekad agungNya dan jasa kebajikan pelatihan diriNya selama lima kalpa, anda telah berhasil mendapatkannya, keistimewaan ini sungguh tak terbayangkan. Mengapa dikatakan demikian?

Oleh karena keistimewaan ini juga meliputi kebijaksanaan dan kemampuan gaib (kekuatan batin yang diperoleh dari hasil melatih diri), bayangkan, orang awam yang terlahir pada Tanah Suci tingkatan paling dasar yakni “Tanah Suci tempat kediaman insan suci dan orang awam”, ternyata memperoleh perlakuan yang setara dengan Bodhisattva Dharmakaya.

Hal ini takkan dapat dijumpai di sepuluh penjuru alam, satu-satunya hanya ada di Alam Sukhavati, maka itu para Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru alam memuji Buddha Amitabha sebagai “CahayaNya yang paling terunggul, Rajanya para Buddha”, dihormati oleh semua Buddha, dikagumi oleh semua Buddha, dipuji oleh semua Buddha.

Maka itu “Avatamsaka Sutra” menyebutkan, “Para Buddha hanya demi satu jalinan jodoh agung ini, sehingga muncul dan membabarkan Dharma di dunia”.  Jalinan jodoh agung ini adalah membimbing kita supaya menemukan kembali jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan), mengajari kita supaya meyakini Buddha Amitabha, bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan belajar pada Buddha Amitabha, dalam satu kelahiran mencapai buah KeBuddhaan nan sempurna.

Ini merupakan tekad agung para Buddha, merupakan satu-satunya misi agung para Buddha. Mereka tidak memiliki misi lainnya lagi, hanya demi satu hal ini, yakni menasehati kita supaya bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, demi satu misi inilah, para Buddha muncul di dunia.

Catatan :
Tingkatan Bodhisattva :
http://daunbodhi.blogspot.com/2018/11/tingkatan-bodhisattva.html
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :
http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-10
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0010


  你這一生,生到西方極樂世界就是成佛,就是究竟圓滿,我們古人常講指日可待,你決定成就;尤其是往生淨土,決定證不退轉。因為西方極樂世界是學校,老師是阿彌陀佛,十方諸佛如來是那個學校的教授;學生,等覺以下的都是學生,法身大士是高級班,聲聞、緣覺、權教菩薩是中級班,我們這些人帶業往生,生到凡聖同居土的是初級班。雖然是初級班,我們在那裡享受高級班的待遇,這個不得了,這是十方世界沒有的。你能夠享受高級班的待遇,這是阿彌陀佛大慈大悲,他老人家四十八願、五劫修行的功德加持你,你得到的,這個待遇不可思議。為什麼?包括智慧、神通、道力,同居土往生的居然跟法身菩薩平等,這是世尊自己說的。十方世界沒有,只有極樂世界有,所以十方世界諸佛如來稱讚阿彌陀佛為「光中極尊,佛中之王」,一切諸佛尊重,一切諸佛仰慕,一切諸佛讚歎。所以《法華經》上說,「諸佛世尊唯以一大事因緣故,出現於世」。這一大事因緣就是教我們回歸自性,教我們仰信彌陀,發願求生,親近阿彌陀佛,一生證得究竟圓滿的佛果,這是諸佛世尊的大願,諸佛世尊唯一的一樁大事。他沒有別的事情,就這一樁事情,勸導我們求生淨土,是為這個出現於世間。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十集)  2019/1/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0010