Jumat, 19 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2019


Praktisi yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, bukanlah karena metode pelafalan Amituofo yang tidak efektif; namun dikarenakan tidak sanggup melepaskan kemelekatan, masih ada yang dikhawatirkan, masih mendambakan dunia ini.

Selama masih ada satu hal saja yang belum sanggup dilepaskan, ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), jika ada satu hal saja yang belum sanggup dilepaskan, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh patut disayangkan!

Apa yang disukai harus disingkirkan, apa yang dibenci juga mesti disingkirkan. Selama masih ada satu hal yang tidak sanggup dilepaskan, suka, marah, sedih, senang, semua perasaan ini kalau tidak disingkirkan, maka anda tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Bagaimana cara untuk melepaskan atau menyingkirkannya? Jangan taruh di hati. Pekerjaan mesti diselesaikan, terutama dalam hal mengabdi bagi semua makhluk, yang membawa manfaat bagi orang banyak, kita harus perbanyak melakukannya, tetapi jangan diingat terus, jangan taruh di hati.

Setelah mengerjakan sesuatu, tak peduli hasilnya bagus atau tidak, juga jangan taruh di hati, inilah yang disebut dengan melepaskan kemelekatan, hal ini lebih penting dari segalanya.

Di dalam hati cuma ada sepatah Amituofo, selain Amituofo, apapun takkan dihendaki lagi, inilah yang disebut dengan melatih diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2019
Judul : Suka dan benci juga mesti disingkirkan
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia 
Kode Artikel : 32-325-0001


凡是念佛不能往生,不是念佛不靈;念佛是真靈,是你自己還有放不下的東西,還有牽掛、還有留戀。只要有一樁事情,名聞利養、五欲六塵,有一樁事情放不下,極樂世界這一生你沒分,非常可惜!喜歡的要放下,討厭的也要放下。不管你是怎麼樣,只要你有一樁東西,喜怒哀樂你沒有放下,你就去不了。

怎麼個放法?不要放在心上。不是說不要放在事上,事照幹,特別是為大眾服務的事情,為利益眾生的事情,我們要多做,要真幹,不要放在心上。事情做完了,不管善跟惡,都不放在心上,這叫放下,比什麼都重要。心裡面只放阿彌陀佛,除阿彌陀佛,什麼都不要,這叫真修行,這叫真有道。

文摘恭錄 澳洲淨宗學院餐後開示喜歡的要放下,討厭的也要放下  (第一集)  2019/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:32-325-0001




 

Kapan baru belajar melepaskan kemelekatan? Sekarang juga sudah harus belajar melepaskan kemelekatan, tidak perlu menaruhnya di dalam hati, barulah dapat terjalin dengan Buddha Amitabha. Di pihak Buddha Amitabha takkan ada rintangan, hambatannya cuma ada di pihak diri sendiri, hal ini mesti dipahami.

Maka itu niat pikiran terbaik adalah Amituofo, tidak ada lagi niat pikiran yang lebih baik. Segala hal di dunia ini, baik yang berhubungan dengan manusia maupun hal lainnya, biarkan saja apa adanya! Jangan lagi mempermasalahkan-nya, apabila terus menerus mempersoalkan-nya, maka ini yang disebut kemelekatan.

Empat tahapan belajar Buddha Dharma adalah keyakinan, pemahaman, pengamalan dan pencapaian. Setelah memiliki keyakinan dan pemahaman, maka selanjutnya adalah mengamalkan, yakni melepaskan kemelekatan, takkan berperhitungan dengan orang lain. Hal baik atau buruk, biarkan saja berlalu! Jangan dipersoalkan lagi, terutama terhadap diri sendiri juga jangan ditaruh di hati lagi!

Segala sesuatu telah berlalu, satu detik ini telah berlalu, sebersit niat pikiran ini telah berlalu, biarkanlah berlalu! Jangan dipikirkan lagi, kejadian baik maupun kejadian buruk, janganlah dipikirkan lagi, buat apa diingat lagi?

Lebih baik memusatkan perhatian untuk melafal Amituofo, begini barulah betul. Semoga lafalan Amituofo ini siang malam dapat berkesinambungan tak terputus, dengan demikian kita pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Maret 2019
Judul : Suka dan benci juga mesti disingkirkan
Bertempat di : Pure Land Learning College Association Inc, Australia 
Kode Artikel : 32-325-0001


什麼時候放下?當下就放下,根本不要把它放在心上,才有跟阿彌陀佛感應的條件。那一邊是通的,沒障礙的,障礙在自己,不能不知道。

  所以我們最好的念頭是阿彌陀佛,沒有比這更好的。世間事,無論是人事,無論什麼事情,隨它去吧!不要再碰它了,碰它把這個機會又斷掉了,這叫真放下。佛家講的信、解、行、證,信有,解也有,行就是徹底放下,不跟任何人計較,更不能跟自己計較。好的事、壞的事,隨它去吧!它過去了,這一秒鐘過去了,這一念過去了,隨它去吧!不要去想,好的、壞的都不想,好的一場空,壞的也是一場空,你去想它幹什麼?把這個念頭拿來想阿彌陀佛就對了。希望這句阿彌陀佛二六時中不間斷,我們往生決定有分。  

文摘恭錄 澳洲淨宗學院餐後開示喜歡的要放下,討厭的也要放下  (第一集)  2019/3/3  澳洲淨宗學院  檔名:32-325-0001