Sabtu, 11 Januari 2020

Konferensi PBB 2019 (Bgn 4)


Ceramah Master Chin Kung pada Konferensi Perdamaian PBB Tahun 2019
(Bagian 4)

Pendidikan Hukum Karma
Buddha Dharma Mahayana sering mengatakan : “Segala sesuatu adalah kekosongan, terkecuali Hukum Sebab Akibat tidaklah kosong”. Hukum Karma adalah hukum objektif universal.

“Tao Te Ching (kitab ajaran Laozi)” menyatakan : “Hukum Karma ibarat jaring-jaring yang menyelimuti alam semesta beserta seluruh isinya, tidak ada yang bisa lolos darinya”.

Prinsip pokoknya adalah “Pelaku kebajikan akan menerima balasan yang baik, pelaku kejahatan akan menerima balasan yang buruk”.

Pendidikan Kesusilaan, Pendidikan Moralitas menyebabkan manusia malu berbuat jahat; Pendidikan Hukum Karma menyebabkan orang tidak berani berbuat jahat.

Terhadap perubahan kebiasaan dalam masyarakat, Pendidikan Hukum Karma menunjukkan hasil yang lebih signifikan.

Tuan Zhou Anshi menunjukkan : “Jika setiap orang memahami Hukum Sebab Akibat, maka dunia ini akan taat peraturan; jika setiap orang tidak memahami Hukum Sebab Akibat, maka dunia ini akan diliputi kekacauan”.

Jelas bahwa konsep sebab dan akibat memiliki peran yang tak tergantikan dalam mengatur hati manusia dan menjaga stabilitas dunia.

Mereka yang menerima ketiga jenis pendidikan ini takkan melakukan perbuatan yang bertentangan dengan kebenaran, takkan menyalahkan orang lain, mengejar kemajuan batin, menjunjung etika dan kebajikan.

Dipetik dari :
Ceramah Master Chin Kung pada Konferensi Perdamaian PBB Tahun 2019
Judul : Memulihkan ajaran insan suci dan bijak, membangun dunia yang harmonis.
Dibacakan oleh : Venerable Cheng De
Tanggal : 8 Oktober 2019
Bertempat di : UNESCO, Paris, Prancis


净空老法师2019国际和平大会讲演《重振圣贤教育 构建和谐世界》
()

因果教育
大乘佛教常说:万法皆空,因果不空。因果规律是一种具有普遍性的客观规律。《道德经》指出:天网恢恢,疏而不失。(注)因果规律就像一张遍布宇宙的天罗地网,贯穿于万事万物之中。其主要内容和总的原则即是善有善报,恶有恶报。伦理道德教育使人羞于造恶;因果教育使人不敢造恶。因果教育对扭转和改良世风的效果更为显著。周安士先生指出:人人知因果,天下大治之道也;人人不知因果,天下大乱之道也。足见因果观念对于规范世道人心、维护世界安定有着不可替代的作用。接受这三种教育的人,会安分守己,不怨天、不尤人,积极进取、崇德向善。

文摘恭錄 :
净空老法师2019国际和平大会讲演《重振圣贤教育 构建和谐世界》
主讲:净空老法师 (恭请成德法师代读)
时间:二〇一九年十月八日       
地点:法国巴黎联合国教科文组织