Rabu, 14 Agustus 2019

Empat Sila Berat 03


Empat Sila Berat 03
Tidak menggelapkan pajak

“Keyura Sutra” merupakan sila Bodhisattva buat umat berkeluarga, sedangkan “Brahmajala Sutra” adalah sila Bodhisattva buat anggota Sangha. Sesungguhnya Buddha Sakyamuni tidak pernah mengkategorikan mana sila Bodhisattva untuk praktisi awam dan mana sila Bodhisattva buat praktisi non awam. Namun di kemudian hari, guru sesepuh dan praktisi senior yang melakukan pembagian ini.

Oleh karena butir sila yang terdapat di dalam Brahmajala Sutra jumlahnya lebih banyak dari Keyura Sutra, makanya lebih memudahkan praktisi awam untuk mengamalkannya.

Di dalam Keyura Sutra terdapat dua butir sila yang berat, yakni :
1.    Tidak menggelapkan pajak
2.    Tidak melanggar hukum negara

Mengemplang pajak adalah melanggar sila mencuri. Ini serupa dengan merampok harta benda milik negara. Berapa banyak populasi penduduk di negara tersebut, maka kelak anda harus melunasi pada seluruh penduduk di negara tersebut.

Umpamanya populasi penduduk Tiongkok ada sekitar 1 miliar jiwa, bila anda mengemplang pajak, maka kelak harus melunasi pada musuh kerabat penagih utang anda yang berjumlah 1 miliar jiwa tersebut, sampai kapan barulah utangmu lunas?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Februari 2005


四重戒
不漏國稅

《瓔珞經》上佛也講了兩句話,《瓔珞經》是在家菩薩戒,《梵網經》是出家菩薩戒。其實佛並沒有分什麼在家出家,在家出家是以後祖師大德分的。因為梵網戒比較多一點,十重四十八輕;瓔珞戒分量少一點,六重二十八輕,所以在家學習便利一點。

這個經上也有兩句話佛講得很重,第一個「不漏國稅」。諸位要曉得逃避國稅是盜戒,這很重,這等於說是盜國家的。這個國家有多少人口,結罪的時候,這國稅是全國人所納的稅,不管你漏多少,罪都是非常重。你要是在中國有十幾億人,那這十幾億都是你的債主,你什麼時候能還得清?

不作國賊、不謗國主、不漏國稅、不犯國制  (共一集)  2005/2/21  澳洲淨宗學院(節錄自華嚴經12-017-1361a集)  檔名:29-068-0001