Sabtu, 26 Januari 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 03


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 03

Mari kita lanjutkan melihat penjelasan sutra yang ditulis oleh Upasaka Huang Nian-zu. “Ini merupakan kedunguan yang berlebihan, tidak menanam akar kebajikan”, mengandalkan pengetahuan duniawi yang dimiliki diri sendiri, terutama pada ilmu pengetahuan dan tehnologi masa kini, kecerdasannya digunakan dalam hal-hal begini.

Kemampuan inteleknya digunakan untuk tidak percaya pada ajaran insan suci dan bijak zaman dulu, bahkan juga terhadap Ayahbundanya sendiri, tidak percaya pada Leluhur, tidak percaya adanya Suciwan, menganggap insan suci dan bijak zaman dulu masih kalah pintar dengannya, insan suci dan bijak zaman dulu tidak punya penemuan tehnologi, makanya dia lebih memuja dan menyembah ilmu dan tehnologi.

“Pongah dan merasa dirinya lebih hebat. Tidak membangkitkan keyakinan benar, membantunya meningkatkan hati sesat”, hati sesat ini adalah ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan. Padahal dia tidak tahu bahwa “Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan merupakan salah satu dari Delapan kondisi yangtidak menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci”.

“Pandangan sesat malah dianggap sebagai keindahan”. Andaikata anda berjumpa dengan orang begini, memang sedemikianlah adanya, tiap kalimatnya begitu puitis, kemampuan bersilat lidahnya tanpa rintangan, dia datang melontarkan kritikan pedas padamu, membantah dirimu, malah merasa dirinya sendiri begitu membanggakan.

Upasaka Huang Nian-zu menyimpulkan bahwa “Orang begini mustahil dapat keluar dari lautan penderitaan samsara”, tidak bisa membebaskan diri dari enam alam tumimbal lahir, enam alam tumimbal lahir adalah lautan penderitaan samsara.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Agustus 2011

Delapan kondisi yang tidak menguntungkan untuk menjalani kehidupan suci :


世智辯聰
(三)

我們繼續看念老的註解。「此則愚癡更甚,不種善根」,反仗恃著自己世間的知識,特別現在科學技術這種知識,聰明都用在這上去了。聰辯用在哪裡?用在不相信前人,甚至於不相信父母,不相信祖宗,不相信有聖賢,認為聖賢都不如他,聖賢沒有科技的發明,認為科技是第一,不相信宗教了。「驕慢自大。不生正信,助長邪心」,這個邪心就是貪瞋癡慢疑。「不知世智辯聰,正是八難之一」。

「邪見顛倒,反以為美。」你要遇到,他確實如此,振振有詞,辯才無礙,他來批評你,他來駁斥你,還以為很得意。念老末後在這裡結語說,「如是之人,焉能出離生死苦海」,脫離不了六道輪迴,六道輪迴就是生死苦海
        
文摘恭錄淨土大經解演義(第五五九集)2011/8/25 檔名:02-039-0559