Tiga
Prinsip Asvaghosa 16
Setelah
mendengar ceramah, lantas anda jadi punya pemikiran sendiri, maka itu adalah
penafsiran-mu sendiri. Maka itu kita harus tahu bahwa para Buddha dan
Bodhisattva termasuk Arahat, apa yang Mereka sampaikan tidak ada maknanya.
Inilah
sisi yang sulit dipahami dari Buddha Dharma, setiap kata dan kalimatnya
tidaklah bermakna, tetapi ketika anda menjelaskan pada orang lain, dapat
menyampaikan makna tak terhingga, menyesuaikan diri dengan pendengarnya dan
masalah yang terjadi pada waktu tersebut, sehingga semua orang yang
mendengarnya jadi bersukacita.
Oleh
karena tidak memiliki makna makanya mengandung makna tak terhingga, sebaliknya
jika punya makna tertentu, maka akan jadi terbatas. Setiap kata dan kalimat
yang tercantum di dalam Sutra mengalir keluar dari jiwa sejati, makanya membaca
Sutra tidak pernah membuat orang merasa jenuh, makin dibaca makin terasa
sukacita.
Bagaimana
bisa mengetahui kualitas batin diri sendiri mengalami kemajuan atau tidak?
Yakni tiap tahun kian berubah jadi baik. Maka itu apakah boleh melekat pada isi
ceramah? Tidak boleh! Tahun ini penjelasannya begini, tahun depan kualitas
batin sudah meningkat, penjelasan yang disampaikan juga sudah berbeda, hari ini
beda dengan hari kemarin, hari ini bukan lagi hari kemarin, tahun ini bukan
lagi tahun silam.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 15 April 2011
聽了覺得怎麼想法,那是你自己的意思。所以我們要曉得,諸佛菩薩包括阿羅漢,他們講東西都沒有意思。世間聖人的東西有意思,他沒轉識成智。所以佛法難懂難在這個地方,它字字句句沒有意思,但是你要講解的時候能講無量義,真的叫對人說人話,對鬼說鬼話,說到大家都歡喜。因為沒有意思它就是無量義,有意思就有限制了。這叫什麼?自性的流露,字字句句圓明具德。所以經典讀不厭,愈讀愈歡喜。沒有意思,有無量義,你自己心裡有數。為什麼?年年境界不一樣,月月境界不一樣,人間有。天天境界不一樣,那已經契入境界,我們講修行證果的人,境界天天不一樣、念念不一樣。所以這個經怎麼能講?不能講!今天講是今天的意思,昨天講是昨天的意思,昨天不是今天,去年不是今年的。
文摘恭錄
— 淨土大經解演義 (第三七七集) 2011/4/15 澳洲淨宗學院 檔名:02-039-0377