Sabtu, 11 Januari 2020

Konferensi PBB 2019 (Bgn 3)

Keterangan Foto : Venerable Cheng De


Ceramah Master Chin Kung pada Konferensi Perdamaian PBB Tahun 2019
(Bagian 3)

Pendidikan Etika Moral

Bertindak menuruti hukum alam, menangani lima jenis hubungan antar manusia dengan harmonis, menyatu, inilah yang disebut sebagai “Moralitas”.

Orang Tiongkok zaman dulu menyimpulkannya sebagai “Lima Kebajikan”, yang isinya adalah yang pertama, kemuliaan (welas asih), yakni mengasihi sesama manusia, apa yang tidak disukai diri sendiri, janganlah diberikan kepada orang lain.

Yang kedua adalah kebenaran, segala tindakan, ucapan dan pikiran mesti sesuai dengan aturan kebenaran.

Yang ketiga adalah kesusilaan, yakni tata susila, tata krama, segala sesuatu ada aturannya, tanpa peraturan maka tatanan sosial akan kacau balau.

Yang keempat adalah kebijaksanaan, segala sesuatu harus menggunakan akal sehat dan bukan perasaan emosional.

Yang kelima adalah dapat dipercaya, percaya bahwa sifat dasar manusia adalah baik, terhadap orang lain harus dapat dipercaya.

Lebih maju selangkah, masih ada “bakti, persaudaraan, setia, dapat dipercaya, kesusilaan, kebenaran, kejujuran, tahu malu, kemuliaan, mengasihi, harmonis, perdamaian”.

Apabila manusia dapat mengamalkan “Lima jenis hubungan yang beradab”, bahkan juga menjunjung semangat “kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya” dalam memperlakukan anggota keluarganya, maka setiap rumah tangga akan memiliki keteraturan, negara akan aman sentosa, dunia diliputi perdamaian.

Dipetik dari :
Ceramah Master Chin Kung pada Konferensi Perdamaian PBB Tahun 2019
Judul : Memulihkan ajaran insan suci dan bijak, membangun dunia yang harmonis.
Dibacakan oleh : Venerable Cheng De
Tanggal : 8 Oktober 2019
Bertempat di : UNESCO, Paris, Prancis


净空老法师2019国际和平大会讲演《重振圣贤教育 构建和谐世界》
()

道德教育
随顺自然规律而行,把伦理关系处理得非常和谐、融洽,就是。中国古人将其总结为五常,内容为:第一、仁,就是爱人,推己及人,己所不欲,勿施于人;第二、义,就是循理,一切身语意的造作都要合情、合理、合法;第三、礼,是礼节、规矩,凡事有节度、有节制,没有礼社会秩序就会混乱;第四、智,凡事要用理智,不能用感情;第五、信,相信人本性本善,对人要守信用。进一步展开,还有孝悌忠信、礼义廉耻、仁爱和平等具体条目。人能自我修养五常之德,并秉持仁、义、礼、智、信的精神对待家人,家庭就会整齐有序;每个家庭都能整齐,国家自然安治;各个国家都能安治,则世界自然和平。

文摘恭錄 :
净空老法师2019国际和平大会讲演《重振圣贤教育 构建和谐世界》
主讲:净空老法师 (恭请成德法师代读)
时间:二〇一九年十月八日       
地点:法国巴黎联合国教科文组织