Selasa, 12 November 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 16


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 16

Praktisi yang memiliki akar kebajikan yang mendalam dan tebal, yang begitu mendengar ajaran sutra langsung tercerahkan, merupakan sosok yang taat sepenuhnya pada ajaran yang dibabarkan Buddha dan Bodhisattva, inilah yang disebut sebagai berbakti pada Buddha dan Bodhisattva, takkan berani mengabaikannya, orang begini mudah dibimbing.

Praktisi zaman dulu berkata, hanya insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi dan terendah yang paling mudah diselamatkan. Insan yang memiliki kebijaksanaan tertinggi begitu mendengar ajaran sutra langsung tercerahkan, melepaskan kemelekatan, dia telah memahaminya.

Sedangkan insan yang memiliki akar kebijaksanaan terendah (orang lugu) yang tidak tahu apa-apa, tetapi dia dapat melepaskan kemelekatan, patuh, orang begini mudah dibimbing, mudah diselamatkan dan mudah mencapai pencerahan.

Yang paling merepotkan adalah yang berada pada level menengah ini, yang sedang-sedang, tidak tinggi juga tidak rendah, orang begini jumlahnya justru paling banyak. Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma 49 tahun lamanya, ditujukan kepada golongan menengah ini, yang tidak tinggi juga tidak rendah.

Insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi telah mencapai KeBuddhaan, sedangkan insan yang memiliki akar kebijaksanaan terendah telah terlahir ke Alam Sukhavati, mudah dibimbing.

Para makhluk yang jodohnya sudah masak, apa maksudnya sudah masak? Yakni yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi dan terendah.

Tempo dulu ketika saya berguru pada Upasaka Li Bing-nan di Taiwan, beberapa kali Guru Li bilang padaku, beliau ingin meniru insan lugu, oleh karena tidak mungkin bisa meniru insan berkebijaksanaan tertinggi, makanya belajar jadi orang lugu.

Namun sudah berpuluh-puluh tahun Guru Li belajar meniru orang lugu, tetap saja tidak mirip, apa alasannya? Tidak sanggup menyingkirkan tabiat. Guru Li memiliki banyak keahlian dan berbakat tinggi, kaya pengetahuan, menguasai kecapi, catur Tiongkok, melukis dan sebagainya, bagaimana bisa disuruh jadi orang lugu? Makanya bagaimana pun beliau menirunya, tetap saja tidak mirip.

Selama beberapa dekade perjalanan karir belajar Buddha Dharma, fakta yang kami lihat dan dengar secara langsung, sedikitpun tidak keliru, dua jenis orang tersebut (berkebijaksanaan tertinggi dan terendah) yang paling cepat mencapai kemajuan batin, bahkan meraih keberhasilan yang sangat unggul.

Sehingga membuat kita ketinggalan jauh dan tak sebanding dengannya. Mereka hanya butuh 3-5 tahun sudah berhasil, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, tidak menderita penyakit apapun, jiwa raga sehat, beranjak pergi dengan begitu elegannya, menampilkan beragam fenomena istimewa, ini nyata adanya, yang kami saksikan langsung dengan mata kepala sendiri.

Mereka telah membuktikan kebenaran isi sutra kepada kita semuanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Februari 2011


世智辯聰
(十六)

只有真正稱得上是善根深厚,一聞千悟,對於佛菩薩百分之百的順從,這孝順佛菩薩,絲毫不敢違背,這種人好教。古德常講唯上智與下愚最容易得度,上智一聞千悟,他真放下,他明白了;下愚什麼都不知道,但是他能放下,他聽話,所以他也容易得度,也容易證果。最麻煩的就是當中這一段,不上不下,而且人數特多,世尊當年在世四十九年,全是為這類人,不上不下的。上智見到他就大徹大悟,下愚見到他就往生極樂世界了,真好辦。所謂根熟眾生,什麼樣的根性成熟?上智成熟了,下愚成熟。早年我在台中求學,李老師給我講過好幾次,他是非常想學下愚,上智學不到,想學下愚,學了幾十年學不像,為什麼學不像?習氣改不掉。李老師多才多藝,他學的東西非常多,琴棋書畫很難捨掉,就是學下愚學不像。我們在學佛這幾十年當中親身經歷,親眼見到的、親耳所聞的,一點都不錯,這兩種人成就特快,成就非常殊勝。讓我們這一般人,無論在家、出家,弘宗研教、住持正法這些大德們,確實望塵莫及,比不上。哪有三年五載,預知時至,沒有疾病,身心健康,說走就走了,瑞相稀有,這真的不是假的,親眼看到的。用他們來印證佛經,經上沒講錯。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三0八集)  2011/2/28  澳洲淨宗學院  檔名:02-039-0308