“Setiap Insan Berkesempatan Terlahir ke
Alam Sukhavati”
Dalam era
masyarakat sekarang ini, orang yang menciptakan karma buruk itu jumlahnya
banyak, apakah mereka masih dapat terselamatkan? Tentu saja dapat, asalkan
bersedia kembali ke jalan yang benar.
Pancanantariya
Karma adalah membunuh Ayah, membunuh Bunda, membunuh Arahat, melukai Buddha,
memecah belah Sangha. Tekad ke-18 Buddha Amitabha, menyebutkan dengan jelas
bahwa sepuluh lafalan juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, terkecuali bagi
pelaku Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, serta menfitnah Mahayana.
Namun, Master
Shan-dao menjelaskannya dengan bagus sekali, kalau saja dikatakan bahwa “pelaku
Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, serta menfitnah Mahayana” tidak
dapat terlahir ke Alam Sukhavati, berarti Maha Maitri Maha Karuna Buddha
Amitabha tidaklah sempurna.
Asalkan pelaku
kejahatan itu bersedia bertobat, takkan mengulangi kesalahannya, saat menjelang
ajal sempurna akan keyakinan dan tekad, maka semuanya dapat terlahir ke Alam
Sukhavati, begini barulah mencerminkan keagungan Pintu Dharma Tanah Suci, tiada
satupun insan yang tidak terselamatkan.
Walaupun pernah
melakukan kesalahan, selama hayat masih dikandung badan, saya mengakui
kesalahanku, takkan mengulanginya lagi, kini dengan segenap hati saya meyakini
dan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha, dengan
begini semuanya berhasil terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, barulah Aliran
Sukhavati sempurna.
Pelaku
Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, saat menjelang ajal, menfokuskan
pikiran melafal Amituofo, tiada niat jahat lagi, tiada perbedaan lagi, tiada
kemelekatan lagi, dalam hatinya cuma ada sepatah Amituofo, maka baik satu
lafalan maupun sepuluh lafalan, juga berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Dengan demikian Maha Maitri Maha Karuna-Nya Buddha Amitabha barulah sempurna.
Jadi janganlah
karena pernah melakukan kejahatan sehingga merasa tidak pantas terlahir ke Alam
Sukhavati, merasa diri sendiri mustahil dapat terlahir ke Alam Sukhavati,
justru keraguan inilah yang akan merintangi dirimu terlahir ke Alam Sukhavati.
Janganlah ragu,
harus memiliki keyakinan sepenuhnya terhadap Buddha, mengapa demikian? Selama
berkalpa-kalpa lamanya Anda melakukan kejahatan, ini adalah hati khayal. Hari
ini Anda mengerahkan segenap hati melafal Amituofo, sepatah Amituofo merupakan
hati sejati, kesesatan tidak mungkin bisa menang melawan kebenaran. Jelas bahwa
hati sejati sempurna akan jasa kebajikan yang tak terhingga, di dalam hati
sejati tiada khayalan, tiada kejahatan. Ini menjelaskan bahwa jasa kebajikan
dari menfokuskan pikiran adalah terunggul.
Maka itu sejak
sekarang, janganlah menggunakan hati khayal yang penuh kepura-puraan, jangan
takut dirugikan, jangan takut diperdaya, gunakanlah hati yang tulus dalam
berinteraksi dengan orang lain, dengan demikian barulah memiliki kepastian
terlahir ke Alam Sukhavati.
Orang lain bersikap
pura-pura padaku, namun saya tetap tulus padanya, mengapa demikian? Oleh karena
saya memiliki kepastian terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu takkan mengelabui
orang lain, takkan menipu diri sendiri, namun dengan hati yang tulus
memperlakukan semua orang dan melafal Amituofo.
Petikan
Ceramah Master Chin Kung
Judul
: Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Tahun 2012
Serial
ke-471
Tanggal
: 10 Oktober 2013
輕鬆學佛法《淨土篇》
淨空老法師 開示節錄
:
“造什麼樣的罪業統統能往生”
「其最下者,則為五逆十惡」,這一條很重要,現在社會造作重罪的人多,有沒有救?有救,只要肯回頭。你看,「臨終發願」,發願求生淨土。五逆,殺父、殺母、殺阿羅漢、出佛身血、破和合僧,前面講得很詳細。彌陀本願裡面第十八願,十念必生,後面說了,唯除五逆十惡,誹謗大乘。
善導大師給我們解釋得好,不是說五逆十惡毀謗大乘的人不能往生,那阿彌陀佛的大慈大悲還不能圓滿。只要他認錯懺悔,後不再造,臨時具足信願,統統能往生,這才顯示出淨土法門的廣大,沒有一個人不得度。造作極重罪業的人,只要你一口氣還在,我認錯,後不再造了,我現在相信,願意往生極樂世界,親近阿彌陀佛,統統都去,淨宗才是大圓滿。
所以這最下的,下下品往生的,五逆十惡,臨終發願,「至心念佛」,這個至心就是清淨心,一心。這個一心裡頭沒有惡念了,沒有分別,沒有執著,沒有邪惡,心裡頭只有這一句佛號,一念、十念都成功。「十聲相續,乃至僅得一聲,以暗契理一心故,亦得往生」,這阿彌陀佛大智大慈大悲真正圓滿。
「此顯一心功德,最為第一」。不要怕罪業造得多,不要怕罪業造得重,害怕不敢往生,不能往生,有這個懷疑,真正障礙你往生。決定不懷疑,對佛要有十分堅定,真正相信,為什麼?前面講得很好,你無量劫造作罪業全是妄心,今天一心念佛,這一聲佛是真心,邪不勝正,就這個道理。說明真心具無量功德,真心裡頭沒有妄念,沒有罪惡,沒有過失。此顯一心功德,最為第一。
「淨土持名法門,微妙難思,五逆十惡臨終念佛,暗合道妙,契理一心,即超生死,而登不退。極顯持名法門,究竟方便,不可思議」,這真的,不是假的。我們真正能信得過的人,都是有福的,懷疑的人當面錯過。希望我們同學決定不要懷疑,造什麼樣的罪業統統能往生。
從今而後別用妄心,不怕吃虧,不怕上當,用真誠心處事待人接物,一真一切真,我們往生就有決定的把握。別人以妄心待我,我以真心對他,為什麼?我決定求生淨土,就為這個。絕不欺騙別人,絕不欺騙自己,用真誠心,用恭敬心,待人處事接物,念佛。
文章恭錄—2012淨土大經科註第471集2013/10/10