Sabtu, 26 Januari 2019

Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 04


Insan yang tidak memiliki kebijaksanaan 04

“Manusia yang tidak memiliki kebijaksanaan merupakan insan yang berpengetahuan sesat namun cerdas adanya, hanya mempelajari buku ajaran aliran luar, tidak meyakini Buddha Dharma, maka itu disebut sebagai salah satu dari Delapan kondisi yang tidakmenguntungkan untuk menjalani kehidupan suci”.

Mengapa disebut sebagai kondisi yang tidak menguntungkan? Penyakit yang kita derita bukanlah termasuk kondisi yang tidak menguntungkan, bencana dunia masih juga belum termasuk kondisi yang tidak menguntungkan. Jadi apa yang merupakan kondisi yang tidak menguntungkan?

Yakni pada satu masa kehidupan ini tidak berjodoh mendengarkan nama Buddha, tidak memiliki kesempatan untuk mendengar ajaran sutra, inilah yang disebut sebagai kondisi yang tidak menguntungkan.

Sebagian orang tentunya berpikir ini bukanlah termasuk kondisi yang tidak menguntungkan! Memandang hal ini sebagai masalah sepele, beginilah bermulanya kondisi yang tidak menguntungkan tersebut.

Guru sesepuh dan praktisi senior sering berkata, “Begitu melewati indra pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih KeBuddhaan”, begitu telinga kita mendengar sepatah Amituofo, maka benih ini akan tertanam di Alayavijnana (gudang kesadaran) sebagai benih KeBuddhaan.

Meskipun pada satu masa kehidupan ini tidak bisa meraih keberhasilan, namun benih tersebut selamanya takkan raib, pada masa kelahiran selanjutnya, ketika bertemu dengan jodoh, maka benih ini akan jadi efektif.

Terutama ketika mendengar nama Buddha Amitabha, mendengar sutra Aliran Tanah Suci, menjalin ikatan jodoh dengan Alam Sukhavati, menjalin jodoh dengan Buddha Amitabha, maka jodoh ini adalah sedemikian unggulnya, oleh karena jodoh ini kelak akan mengantarnya terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pasti mencapai KeBuddhaan, kebenarannya ada di sini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Maret 2012  


世智辯聰
(四)

「世智辯聰難。謂世間之人,邪智聰利者,惟務耽習外道經書,不信出世正法,故名為難」,昨天我們學到此地。八難,總而言之,什麼叫做難?我們的病苦不算是大難,社會動亂、地球災變也不算是大難。真正的大難是什麼?是這一生當中沒有緣分聽到佛名,沒有緣分見到經典,這是大難。在我們一般人想到,這個不是難,這算什麼!沒有把這樁事情看在眼裡,難就這麼產生了。經論、祖師大德常常給我們說,「一歷耳根,永為道種」,我們耳聽一句經文、聽一聲名號,阿賴耶識裡面就種下佛的種子。縱然這一生不能成就,這個種子永遠不會消失,在阿賴耶識裡頭,來生後世遇到緣一定起作用。尤其聽到阿彌陀佛、聽到淨土的經論,跟極樂世界、跟阿彌陀佛結上緣,這個緣太好了,因為這個緣將來必定能生淨土、必定能成佛果,道理在此地。

文摘恭錄 文摘恭錄 淨土大經科註  (第二六一集)  2012/3/30  香港佛陀教育協會  檔名:02-037-0261