Sabtu, 27 Juli 2019

Tiga Prinsip Asvaghosa 03


Tiga Prinsip Asvaghosa 03

Banyak praktisi yang tekun belajar Ajaran Buddha sepanjang hayatnya, mampu memberi ceramah, bahkan menghasilkan banyak karya tulis, tetapi saat menjelang ajal tidak tampak fenomena istimewa apapun, mengapa demikian?

Oleh karena dia tidak menyingkirkan hati yang membeda-bedakan dan melekat, di sinilah letak permasalahannya. Jika tidak melenyapkan perbedaan dan kemelekatan, maka dia hanyalah orang awam, orang awam selalu menempatkan ajaran Buddha sebagai ilmu pengetahuan semata, makanya tidak dapat mencapai samadhi (konsentrasi), tidak tahu mengembangkan prajna (kebijaksanaan).

Maka itu orang yang mengenal Ajaran Buddha sebagai Dharma yang menakjubkan, jumlahnya tidaklah banyak, apalagi yang dapat menerapkannya ke dalam kehidupan keseharian, jumlahnya lebih sedikit lagi!

Tidak boleh tidak serius, tidak boleh tidak giat berusaha, dengan kesungguhan dan daya upaya guna mengeliminasi rintangan karma diri sendiri. 

Begitu buku sutra ditutup, hati tetap merasa suci, bersih dan jernih. Apabila setelah belajar, selalu mengingatnya terus, masih saja membeda-bedakan dan melekat padanya, maka hati sucimu jadi sirna.

Dalam mempelajari pintu Dharma manapun, tidak boleh ada perbedaan dan kemelekatan, dengan menghapus kemelekatan barulah diperoleh hati yang suci, dengan menghapus perbedaan barulah diperoleh hati yang seimbang.

Hati yang setara atau hati yang seimbang lebih tinggi tingkatannya daripada hati suci, hati suci dapat memunculkan kebijaksanaan, apalagi hati yang seimbang! Hati yang setara akan memunculkan kebijaksanaan yang lebih besar lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Oktober 2010


許許多多的人他學佛,學了一輩子很用功,能言善道,著作等身,為什麼走的時候連個瑞相都看不到,什麼原因?他在學習的時候,他沒有把分別執著放下,就出在這個地方。沒有放下分別執著是凡夫,凡夫學佛得的是什麼?是佛學常識,是佛學的知識,沒有三昧,更沒有智慧。所以這都叫妙法,知道的人不多,能用得上的就更少,得會用!不能不認真,不能不努力,認真、努力是消自己的業障。可是書本一合,心地清淨,乾乾淨淨,人家問我我知道,不問不知道,這樣學佛就如法。心地清淨,記住我們這個經題後半部「清淨平等覺」這五個字,「清淨平等覺」是因,「大乘無量壽莊嚴」是果報,大乘是智慧,無量壽是德,莊嚴是相,你看智慧、德相,那是果,從哪來的?從清淨平等覺來的,清淨平等覺是性德。所以諸位你細細去體會,你就懂了。如果我們學了,學了還常常念著,還常常不忘,還常常在分別執著,你的清淨心沒有了。八萬四千法門,研究經教是裡頭的一門,任何一個法門都不能著相,這個著相就是執著,不能執著。再往上提升一些,不能分別,不著相你得清淨心,不分別你得平等心,平等心比清淨心高,清淨心就生智慧,何況平等!那生大智慧。這是佛法修學的祕訣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六八集)  2010/10/16