Jumat, 25 Januari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2019


Di dalam 48 tekad agung Buddha Amitabha disebutkan bahwa setiap praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, menyempurnakan tiga ketidakmunduran.

Jadi Buddha Amitabha tidak mengatakan bahwa terkecuali bagi yang terlahir di Tanah Suci paling dasar yakni Tanah Suci tempat kediaman orang awam dan insan suci, Sang Buddha tidak mengatakannya sedemikian rupa, dengan perkataan lain, meskipun terlahir di tingkatan Bunga Lotus yang paling rendah sekalipun, juga menjadi Bodhisattva Avaivartika.

Bagaimana hal ini bisa diterima secara logika? Setelah mendalami ajaran sutra selama bertahun-tahun, akhirnya kami jadi memahami dengan jelas bahwa hal ini bisa terjadi dengan pemberkatan dari 48 tekad agung Buddha Amitabha, sehingga praktisi itu memiliki kebijaksanaan, kemampuan gaib dan keistimewaan lainnya yang setara dengan Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7.

Jadi bukanlah kemampuan dari si praktisi sendiri, namun merupakan anugerah dari Buddha Amitabha, serta pemberkatan dari 48 tekad agungNya. Kapankah anugerah ini akan diberikan padamu? Yakni pada saat “Bunga bermekar bertemu Buddha mencapai Anutpattika-dharma-ksanti”, saat itulah anda memperoleh anugerah sebagai Bodhisattva Avaivartika.

Lantas kapankah anda baru mampu mandiri alias tidak butuh lagi bantuan dari Buddha Amitabha? Yakni ketika anda telah mencapai Tanah Suci tingkatan ketiga atau Shi-bao-zhuang-yan-tu.

Sebelum mencapai tingkatan tersebut, anda masih mengandalkan pemberkatan dari Buddha Amitabha secara keseluruhan, sehingga kebijaksanaan, kemampuan gaib, kekuatan batin yang berasal dari pelatihan diri, segala fasilitas dan keistimewaan yang anda nikmati adalah serupa dengan fasilitas dan keistimewaan yang ada di Shi-bao-zhuang-yan-tu. Keunggulan ini dapat anda peroleh ketika terlahir ke Alam Sukhavati.

Serupa dengan di dunia manusia ini, seorang pangeran yang baru lahir dalam keluarga kerajaan, begitu lahir sudah menikmati perlakuan istimewa bagaikan raja.

Maka itu begitu lahir ke Alam Sukhavati, kita langsung menikmati kemampuan gaib dan segala keistimewaan yang serupa dengan Buddha Amitabha. Satu poin ini mesti dipahami dengan jelas, terhadap keunggulan dan keindahan Alam Sukhavati, kita takkan ragu sama sekali, hal ini juga merupakan pemberkatan dari kekuatan Buddha.

Inilah yang dimaksud sebagai “Dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, pasti memperoleh ketidakmunduran”.

Tingkatan Bodhisattva :
Anutpattika-dharma-ksanti :


Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-13
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0013


阿彌陀佛四十八願裡頭說,凡是生到西方極樂世界的人,統統都是阿惟越致菩薩,圓證三不退。他並沒有講凡聖同居土除外,沒說,沒說這句話,換句話說,生到凡聖同居土下下品往生,也成阿惟越致菩薩。這怎麼能講得通?我們學了這麼多年,終於搞清楚、搞明白了,是阿彌陀佛四十八願本願加持他,他的智慧、他的威神等於七地菩薩,跟七地菩薩沒有差別;不是他自己的能力,是阿彌陀佛加給他的,四十八願加給他的。到你要是證得,你在西方極樂世界什麼時候證得?經上常講「花開見佛悟無生」,那是你真證得了。現在你沒有,也就是西方極樂世界的四土三輩九品,你還沒有能力晉級到真正到達實報土,到真正證得實報土的時候是你自己的,用不著阿彌陀佛加持;沒有證得實報土,全是得阿彌陀佛加持,你的智慧、神通、能力、享受跟實報土一樣,這就是生到極樂世界就得到。像六道輪迴投胎,你投胎到帝王家,一出生就享受帝王的富貴。所以我們生到極樂世界,就享受阿彌陀佛的神通、德相。這一點要搞清楚,要認識清楚,我們對極樂世界,往生經所講的無比殊勝莊嚴就不會懷疑,是佛力加持的。這是講「但一心持名,即得不退」。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十三集)  2019/1/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0013




 

Melafal nama Buddha Amitabha, nama Buddha Amitabha adalah terdiri dari empat aksara yakni 阿彌陀佛 (A-MI-TUO-FO). NA-MO bukanlah namaNya, A-MI-TUO-FO barulah merupakan namaNya, NA-MO artinya bersarana atau berlindung, menghormati.

Master Yin Guang sepanjang hayatnya mengajari orang melafal enam aksara yakni NA-MO-A-MI-TUO-FO, apa alasannya? Oleh karena melihat diantara banyak praktisi, yang benar-benar berniat terlahir ke Alam Sukhavati, jumlahnya tidaklah seberapa, jadi melafal enam aksara adalah untuk menjalin jodoh Dharma dengan Buddha Amitabha.

Orang lain belum tentu memiliki keteguhan hati untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, makanya menambahkan kata NA-MO, yang artinya bersarana pada Buddha Amitabha, berlindung pada Buddha Amitabha, menghormati Buddha Amitabha, dia belum tentu pada satu masa kehidupan ini dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, makanya menambahkan kata NA-MO sebagai bentuk penghormatan.

Anda mesti mengetahui maksud dari Guru Sesepuh dalam membimbing para praktisi, barulah anda dapat memahaminya.

Memperkokoh keyakinan dan tekad, tiada keraguan sama sekali, pada satu masa kehidupan ini juga, saya mesti terlahir ke Alam Sukhavati, maka anda harus sanggup melepaskan kemelekatan.

Ketrampilan melafal Amituofo tidak efektif, anda jadi panik, lalu memikirkan segala cara, mencari-cari metode ini dan metode itu, sampai-sampai ada yang malah bertemu dengan metode yang salah.

Letak persoalannya tak lain adalah keyakinan dan tekadnya yang bermasalah, kalau sudah memenuhi syarat keyakinan benar dan tekad menyeluruh, maka puluhan ribu orang yang melatihnya maka puluhan ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, satupun takkan ketinggalan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-13
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0013


執持名號,名號就是阿彌陀佛四個字。南無不是名號,阿彌陀佛才是名號,南無是皈依、皈命、禮敬的意思。印光大師一生教人,教人念六個字,為什麼?看看芸芸眾生真想往生的沒幾個,念六字洪名跟阿彌陀佛結個法緣。別人未必有這種堅定的決心要生淨土,所以加上南無,就是皈依阿彌陀佛、皈命阿彌陀佛、恭敬阿彌陀佛,他不一定這一生能去,恭敬的話加上。你就曉得祖師教別人他用的是什麼心,你就明白了。堅定信願,一絲毫不懷疑,我這一生決定要去,那你真的得萬緣放下。念佛功夫不得力,大家著急,想這個辦法、找那個法門,有的沒找對。歸根結柢都是信願出了問題。真正具足真信切願,一定是萬修萬人去。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十三集)  2019/1/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0013