Kamis, 24 Januari 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2019 (Bgn 1)


Untuk tujuan apa para Buddha muncul di dunia? Demi menyelamatkan para makhluk yang jodohnya sudah masak, membantu mereka mencapai KeBuddhaan; dengan perkataan lain, jodohnya untuk mencapai KeBuddhaan sudah masak.

Lantas bagaimana dengan yang lainnya? Yang lainnya adalah sambilan, meningkatkan akar kebajikan dan berkah kebajikan para makhluk, pada satu masa kehidupan ini mereka masih belum dapat meraih keberhasilan.  

Setahap demi setahap meningkat, hingga akhirnya jodoh jadi masak, maka anda pasti meraih keberhasilan. Tetapi praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa terlahir ke Alam Sukhavati juga merupakan jodoh yang sudah masak, kalau jodoh belum masak maka takkan bisa terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Bagaimana saya bisa mengetahui bahwa jodohku sudah masak? Terhadap Pintu Dharma ini, saya meyakininya, yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya, yakin bahwa Buddha Amitabha nyata adanya, yakin akan ajaran yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni nyata adanya, saya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, saya melafal sepatah Amituofo ini, akar kebajikanku telah masak.

Maka itu, apakah akar kebajikanku sudah masak atau belum, jangan tanyakan pada orang lain, orang lain takkan mengetahuinya, tapi tepuk dada tanya hati sendiri.

Dengan perkataan lain, diri sendiri telah melepaskan kemelekatan, menempatkan sepatah Amituofo ini bagaikan nyawa sendiri, praktisi zaman dulu menyebutnya sebagai bintang keberuntungan (Aliran Zen menyebutnya sebagai jiwa sejati), sehingga membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang disebut sebagai jodoh sudah masak.

Siang malam 24 jam tak terpisahkan dari lafalan Amituofo, setiap lafalannya terjalin dengan Buddha Amitabha, di dalam hati selain sepatah Amituofo takkan ada lagi hal lainnya; sebutir hati ini disapu hingga sebersih-bersihnya, apapun tidak saya hendaki lagi, niat pikiran buruk disingkirkan, demikian pula niat pikiran baik juga dienyahkan.   

Harus diketahui bahwa niat pikiran buruk berakibat jatuh ke tiga alam rendah, sedangkan niat pikiran baik berakibat tumimbal lahir ke tiga alam bajik, jadi masih saja berputar-putar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

Setelah memahami hal ini maka niat pikiran baik dan buruk mesti disingkirkan, semua ini tidak saya hendaki lagi, hatiku hanya memuat Buddha Amitabha saja, saya hanya melafal sepatah Amituofo saja, dengan demikian akar kebajikanku telah masak.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-12
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0012


佛出現在世間為什麼?是找那個根熟眾生,幫助他成佛;也就是說,他成佛的機緣到了、機緣成熟了,佛是以他們為當機的。其他的?其他都是附帶的,附帶把他們的善根福德提升,他這一生不能成就。一次一次的提升,提到成熟,你就決定成功了。但是這個地方要知道,往生淨土也是成熟,不是成熟就不能往生淨土。怎麼知道我成熟了?我對這個法門,我真信,真正相信有極樂世界,真正相信有阿彌陀佛,真正相信釋迦牟尼佛給我們介紹的是真的不是假的,我真正想求生極樂世界,我念這一句佛號阿彌陀佛,我的善根就成熟了。所以我善根成熟不成熟,不要去問別人,別人不知道,要問自己。換句話說,自己真正放下了,真正把這一句佛號阿彌陀佛當作自己的命根,古德說當作本命元辰,誓求往生,他就成熟了。二六時中不離開阿彌陀佛,念念相續,心裡除阿彌陀佛之外,什麼也沒有、也不放;把那顆心打掃得乾乾淨淨,我什麼都不要了,不善的念頭清除掉,善的念頭也清除掉。你一定要知道,不善的念頭惹來的是三惡道,善的念頭招來的三善道,統統是六道輪迴的事情,出不了六道輪迴。明白了,善跟惡全清除掉,我統統不要了,我就裝一尊阿彌陀佛,我就念這一句阿彌陀佛,我的善根成熟了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十二集)  2019/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0012

 
 

 
 
Praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan tinggi (tajam), begitu mendengar Avatamsaka Sutra dan Sutra Lotus, dia dapat mencapai KeBuddhaan. Lantas praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan rendah (tumpul), begitu mendengar Sutra Usia Tanpa Batas, dia langsung meyakini, bertekad dan melafal Amituofo, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.  

Praktisi zaman dulu mengucapkan sebuah kalimat, “Hanya mereka yang memiliki akar kebijaksanaan tinggi dan rendah yang tidak berubah”. Jadi insan yang memiliki akar kebijaksanaan tinggi mencapai KeBuddhaan, demikian pula insan yang memiliki akar kebijaksanaan rendah, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

Jadi bagaimana pula dengan insan yang memiliki akar kebijaksanaan sedang atau setengah-setengah? Inilah repotnya. Yang letaknya di pertengahan ini, tergantung-gantung, dibilang tinggi tidak tinggi, dibilang rendah juga tidak.

 Orang beginilah yang sulit diselamatkan, butuh waktu yang sangat panjang sekali, melatih diri berkesinambungan hingga kalpa yang tak terhingga, barulah menjadi akar kebajikan.

Setelah menjadi akar kebajikan, namun sayangnya pada satu masa kehidupan ini tak berjodoh. Umpamanya praktisi yang terlahir di keluarga yang baik, ada Ayahbunda yang mendidiknya, ada guru yang baik membimbingnya, kecerdasannya juga di atas rata-rata, namun sayangnya tidak memiliki jodoh bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci.

Sebaliknya ada praktisi yang terlahir di keluarga miskin, sejak kecil tidak mengecap pendidikan, melakukan pekerjaan berat, namun pada masa kelahiran lampau, dia telah menimbun akar kebajikan yang mendalam dan tebal, sehingga pada masa kehidupan sekarang, begitu bertemu dengan Pintu Dharma Tanah Suci, dia langsung menyakininya.

Catatan :
Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami Ajaran Sukhavati
Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan
Jalinan jodoh adalah kesempatan untuk mendengar Ajaran Sukhavati

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-12
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0012


上上根人聽《華嚴》《法華》,他能夠成佛,大徹大悟,明心見性。有一類根性的人,他聽到這部經,真信真願,念佛真往生,那個功德跟那個上上根人是平等的,也是心得開明,這個不可思議。古人有一句話,我們也聽得多了、也會講,其實意思沒懂,這句話,「唯上智與下愚不移」。這個不移是什麼?他不會變,唯上智跟下愚。上智怎麼樣?大徹大悟,明心見性,成佛了;下愚,往生西方極樂世界,也成佛了。那我們就知道了,麻煩在哪裡?麻煩就在中間。中間,中國人稱半吊子,上不上,下不下。這種人可難度了,這種人要相當相當長的時間,要無量劫薰習成善根。我們現在看到上上根人跟那個下愚之人,他也是久遠劫善根薰成的。薰成,在這一生當中沒緣。家庭環境好的,遇到有好的父母教導他、好的老師指導他,根性利。有些人生在貧窮家裡,從小根本沒有念書,做粗活,但是過去生中的善根深厚,沒有引發出來,遇到這個法門,他真心就引發出來了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十二集)  2019/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0012

 


 

Baru-baru ini ada praktisi yang datang bertanya padaku, dia bilang bahwa di sebuah vihara pelafalan Amituofo, ada sebagian orang ketika melafal Amituofo, di dalam tubuhnya akan mengalir energi yang mengendalikan tubuhnya, sehingga tubuhnya tidak terkontrol, miring ke kiri dan ke kanan, seperti orang yang mengalami mabuk laut, bahkan bukan hanya satu orang yang mengalami kejadian ini, bahkan beberapa umat lainnya juga mengalami hal yang serupa, mengapa bisa demikian?

Praktisi pelafal Amituofo sejati, memperoleh perlindungan dari seluruh Buddha dan Bodhisattva di sepuluh penjuru dari tiga masa. Fenomena tersebut dikarenakan kemelekatan di dalam hatinya sendiri masih belum sanggup dilepaskan, keyakinan dan tekadnya bermasalah, keyakinan-nya belum cukup tulus, tekadnya juga belum cukup bulat.

Buddha Amitabha adalah pencerahan tanpa batas, sedangkan umat itu mulutnya memang melafal pencerahan tanpa batas, namun di hatinya adalah kesesatan, dibelenggu kemelekatan yang kuat, beragam jenis kemelekatan, ada yang melekat pada orang yang disayangi, harta benda, ada pula yang melekat ingin melihat Buddha, ingin melihat fenomena gaib, ingin cepat-cepat meraih kemajuan batin, ada pula yang berharap mendapatkan kemampuan gaib dan mukjizat, ada pula yang melekat pada ritual pelafalan Amituofo, irama pelafalan, jumlah lafalan, dan sebagainya.

Maka itu mesti rajin mendengar ceramah Dharma, mendengar ceramah akan membantumu melepaskan kemelekatan, membantumu memperkokoh keyakinan dan tekad.

Ada praktisi yang bilang dia telah mendengar ceramah selama 10-20 tahun, jadi sekarang sudah tidak perlu mendengar lagi, sudah paham semuanya. Sesungguhnya anda tidak memahaminya. Standar yang ditetapkan oleh Master Zhangjia adalah : Kalau sudah paham maka sudah sanggup melepaskan, sebaliknya kalau belum sanggup melepaskan maka berarti belum paham.

Penyebab lainnya adalah karena rintangan karma, musuh kerabat penagih hutang datang merintangi dirimu, dia tidak berharap anda bisa berhasil. Mengapa demikian? Dia masih dendam padamu, dia sedang menanti kesempatan untuk balas dendam. Apabila anda melatih diri dan terlahir ke Alam Sukhavati, dia tidak bisa mencarimu lagi untuk balas dendam.

Maka itu sebagai praktisi, hendaknya senantiasa teringat pada musuh kerabat penagih hutang diri sendiri, setiap hari melimpahkan jasa kebajikan dari pelatihan diri kepada mereka.

Mesti mengikrarkan tekad sedemikian rupa, setelah saya terlahir ke Alam Sukhavati, saya akan kembali lagi untuk menyelamatkan mereka, maka mereka takkan cari masalah lagi denganmu. Mengapa demikian?

Oleh karena berada di enam alam tumimbal lahir adalah sungguh menyengsarakan, mereka juga ingin keluar dari enam alam tumimbal lahir. Anda memiliki niat hati sedemikian rupa, setelah sampai di Alam Sukhavati, anda akan berusaha menyelamatkannya, dia akan sangat bersukacita, takkan  mencari masalah denganmu, takkan merintangi dirimu.

Hatimu harus tulus, setelah berikrar harus memenuhi janjimu, tidak boleh mengelabui para makhluk; kalau anda cuma manis di bibir saja, maka dia akan kembali cari masalah denganmu!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2019
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-12
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0012


最近有同修問我一件事,說在一個念佛道場,有些人念佛的時候,念得體內有氣流控制身體,身體不能作主,左右傾斜,像暈船一樣,而且不是一個人這樣,若干人這樣,問我是怎麼回事?

真正念佛人,得十方三世一切諸佛菩薩的護佑。這個現象是他自己心裡的執著沒放下,信願有問題,信不夠真,願不夠切。阿彌陀佛是無量覺,他口裡是無量覺,心裡是迷惑顛倒,是強烈的執著,各種執著,有的執著親人、財產,有的執著見佛、見瑞相,有的執著功夫成片,有的希求神通感應,有的特別執著念佛的形式、音調、數量……所以一定要聽經,聽經幫助你放下,幫助堅固信願。有人說他聽經一、二十年了,他不需要再聽,他懂了。其實你沒懂。章嘉大師的標準:聽懂了就是放下了,你沒放下就是沒懂。

  另外一種情況,那是業障,你的冤親債主來障礙你,他不希望你成就。為什麼?他對你還有很多恩怨沒報,他在等機會。你真修行、真往生,他就報不成了。所以真正修行人常常想到自己的冤親債主,每天把自己修學功夫迴向給他們。一定要發這個願,我到西方極樂世界之後,再回來的時候一定度你們,他就不會找麻煩了。為什麼?他在六道裡也很苦,也很想離開六道。你有這樣的心願,到極樂世界之後再拉他一把,他很歡喜,他不會找麻煩,不會障礙你。你的心要真誠,說到要做到,可不能夠欺騙眾生;欺騙眾生,那他來找你,麻煩就大了!

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第十二集)  2019/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-047-0012