Sabtu, 27 Juli 2019

Tiga Prinsip Asvaghosa 06


Tiga Prinsip Asvaghosa 06

Sejak dulu hingga sekarang, fenomena begini bukan tidak ada, daripada pintar berteori lebih baik banyak mendengar. Orang yang berceramah tidak mencapai pencerahan, namun orang yang mendengar malah mencapai pencerahan!

Bagaimana cara mendengar ceramah? Tak lain adalah prinsip yang disampaikan oleh Asvaghosa di dalam karyanya yang berjudul “Mahayana-Sraddhotpada-sastra”, yakni :
1.      Jangan melekat pada bahasa lisan maupun tulisan.
2.     Jangan melekat pada nama dan istilah.
3.     Jangan ada penafsiran sendiri.

Dengan menggunakan hati yang suci dalam mendengar ceramah, maka selama dua jam ini, hasil yang akan diperoleh pasti tak terbayangkan!

Tetapi sebagian orang bagaimana? Sebagian orang tidak sanggup duduk dengan tenang selama 2 jam dan memusatkan perhatiannya mendengarkan ceramah, selama 2 jam tersebut, dia menggunakan hati yang membeda-bedakan, hati yang melekat, alhasil apa yang didengarnya berubah jadi pengetahuan semata atau Dharma duniawi.

Apa yang diperolehnya? Pengetahuan semata. Apa yang didengarnya berubah menjadi penafsirannya sendiri. Padahal sesungguhnya dalam menyampaikan DharmaNya, Sang Buddha tidak memiliki maknaNya tersendiri, apabila Sang Buddha masih memiliki makna tersendiri, maka tidak berbeda dengan orang awam.

Makanya poin ini mesti dipahami, Sang Buddha tidak timbul niat pikiran, membeda-bedakan dan melekat, ajaranNya mengalir keluar dari Jiwa KeBuddhaan, yang kelak di kemudian hari dituangkan dalam bentuk tulisan, jadi tidak boleh melekat.

Ajaran yang disampaikan Buddha Sakyamuni, di dalamnya takkan ada khayalan, perbedaan dan kemelekatan, apabila kita menerima ajaranNya tanpa disertai khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka begitu mendengarnya, langsung mencapai pencerahan.

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Oktober 2010


自古以來這種情形有,不是沒有,會說不如會聽,會說的人沒開悟,聽的人開悟!

那用什麼聽?實在講不出馬鳴菩薩《起信論》裡面教的原則,「離言說相、離名字相、離心緣相」。你是用清淨心在這裡聽,這兩個小時還得了!一般人怎麼?一般人不行,他兩個小時他用分別心、他用執著心,這一分別、一執著全是世間法。他所得到的什麼?常識,經典裡面的常識,用現在的名詞說,他得的是知識,大乘佛學知識。佛是這個意思嗎?不是,是他自己的意思,他聽了完全是他自己意思,他自己理解的。佛,佛是什麼?佛沒意思,佛哪有意思,有意思不就變成凡夫?所以這一點要曉得,佛是沒有起心動念、分別執著流出來的妙音,記錄下來就是文字,不能執著。所以他流露出來的音聲、言語,裡頭沒有妄想分別執著,我們如果也沒有妄想分別執著,這一聽就開悟。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一六八集)  2010/10/16